Pj Bupati Kayong Utara Tegaskan Peningkatan IPM Tanggung Jawab Bersama

2024-09-20 08:12:22
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi tema yang diangkat pada kegaitan coffe morning di aula Istana Rakyat, Senin (6/11/2023).

Pj Bupati Kayong Utara Romi Wijaya mengatakan, upaya peningkatan IPM dilakukan saat ini salah satunya lewat program pendidikan gratis bagi masyarakat dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Ia memastikan, program tersebut masih terus berjalan.

Namun, di sisi lain, ia mengaku terdapat kenda-kendala lainnya untuk melakukan percepatan peningkatan IPM.

Salah satunya, fasilitas pendidikan di Kabupaten Kayong Utara masih banyak yang perlu diperhatikan.

Mulai dari sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai hingga sumber daya manusia yang belum bisa mendapat kesempatan untuk berkontribusi membangun daerahnya.

Sementara, kunci peningkatan IPM adalah sarana dan pra sarana pendidikan yang memadai. Bila infrastruktur ini terpenuhi, diyakini, IPM akan bergerak maju. Karena itu, ia berharap mengatasi persoalan pendidikan di daerah menjadi perhatian bersama.

"Jadi harus ada diskusi lanjutan, itu langsung fokus per isu dan stakeholder kunci harus terlibat di dalam isu itu sehingga tuntas," ucap Romi saat menjawab pertanyaan awak media.

"Yang jelas semangatnya adalah ini harus clear dan semua harus terlibat dan semangatnya Kayong Utara milik kita bersama," sambungnya.***

Leave a comment