Listrik PLN Andal Tingkatkan Produktivitas UMKM di Kalbar

2024-09-20 06:53:01
Wadiyoko (46) owner kedai pecel lele Mas Joko menunjukkan aplikasi PLN Mobile di handphone-nya. (Istimewa)

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Listrik PLN yang andal serta kondusif merupakan salah satu faktor utama meningkatnya produktivitas kegiatan usaha pelaku UMKM di Kalimantan Barat.

Hal ini dirasakan oleh Wadiyoko (46) selaku penanggung jawab sekaligus owner dari usaha kuliner di Kabupaten Ketapang.

Usaha Kuliner pecel lele Mas Joko karib dikenal, beralamat di Jalan Masjid Babul Choir No 37, Ketapang. Dengan ciri khas sambal cabai dan tomatnya.

Kedai tersebut buka dari jam 5 sore hingga jam 12 malam setiap harinya, dan libur setiap dua minggu sekali dan di hari raya keagamaan.

Wadiyoko mengatakan warungnya melayani pelanggan rata-rata per hari berkisar sekitar 200 orang untuk setiap harinya.

“Kedai ini dirintis sejak tahun 2003, menggunakan listrik dengan daya 2200 VA. Pasokan listrik PLN untuk di Ketapang saat ini cukup baik, jarang sekali ada padam dan jika ada tidak terlalu lama,” kata Wadiyoko.

Ia juga menyampaikan, layanan PLN sudah baik apalagi saat ini ada Aplikasi PLN Mobile yang memudahkan pelanggan untuk menghubungi petugas PLN apabila ada keluhan atau laporan gangguan listrik di rumah. Selain itu juga ada fitur untuk penambahan daya, pasang baru dan fitur pelayanan lainnya.

“Kemarin saya melakukan tambah daya melalui aplikasi PLN Mobile, cukup mudah dan prosesnya cepat,” katanya.

“Dan pernah juga gagal beli token kita lapor ternyata ada informasi dari petugas ada tagihan susulan yang tertinggal setelah dilunasi token sudah bisa dibeli kembali, gak perlu capek-capek kekantor lapor saja lewat aplikasi semua bisa di selesaikan,” lanjut Wadiyoko.

Ia berharap, PLN dapat terus melakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada pelanggan, agar para pelaku UMKM seperti dirinya dapat terus meningkatkan produktivitas usahanya.

General Manager PLN UID Kalbar, Joice Lanny Wantania memastikan, PLN komitmen menghadirkan layanan kelistrikan yang andal tanpa padam.

“Ini merupakan tugas utama PLN,” ujarnya.

Menurut Joice, kondisi kelistrikan di Kalimantan Barat khususnya pada sistem interkoneksi kelistrikan Khatulistiwa sangat aman dan kondusif.

Di mana daya mampu mesin pembangkit yang dimiliki sebesar 646,4 MW. Sedangkan beban puncak kebutuhan listrik masyarakat sebesar 537,9 MW dan daya Cadangan sebesar 108,5 MW

“Dengan surplus daya sebesar 108,5 MW di sistem interkoneksi kelistrikan Khatulistiwa, kami siap mendukung seluruh aktivitas masyarakat khususnya di  bagi seluruh aktivitas usaha yang dijalankan oleh para pelaku UMKM," tegas Joice.

Untuk Informasi Layanan PLN dapat menghubungi Contac Center (kode area) 123 dan Aplikasi PLN Mobile yang dapat di unduh pada PlayStore (Android) dan AppStore (IOS).***

Leave a comment