Komitmen Bersama Sales Force dan Stock Holder, Pupuk Kaltim Optimalisasi Distribusi Wilayah Kalimantan

2024-09-20 07:50:56
Dalam upaya mendorong kinerja distribusi produk hingga ke konsumen, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali menggelar Closer to Sales Force and Stock Holder bagi para Distributor Prioritas dan Kepala Gudang wilayah Kalimantan.

KALTIM, insidepontianak.com - Dalam upaya mendorong kinerja distribusi produk hingga ke konsumen, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali menggelar Closer to Sales Force and Stock Holder bagi para Distributor Prioritas dan Kepala Gudang wilayah Kalimantan.

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari agenda serupa yang sebelumnya terlaksana untuk wilayah Sulawesi.
 
VP Marketing Business Partner Korporasi Pupuk Kaltim Indah Febrianty, mengungkapkan kegiatan yang berlangsung mulai pekan kedua pada Juni lalu tersebut dilaksanakan secara roadshow ke seluruh wilayah distribusi Pupuk Kaltim di Kalimantan. 

Mulai dari Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara.
 
"Sebelumnya kegiatan ini menyasar enam wilayah Sulawesi, dua wilayah pulau Jawa dan satu di Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal ini sebagai upaya mendorong kinerja distribusi produk Pupuk Kaltim agar lebih optimal," ungkap Indah.
 
Menurut dia, kegiatan ini sekaligus langkah Pupuk Kaltim mempererat silaturahmi dan meningkatkan sinergi dengan para distributor prioritas hingga kepala gudang, yang berperan penting dalam rantai distribusi produk perusahaan. 

Dari hubungan yang lebih erat dan sinergis, diharapkan distribusi produk Pupuk Kaltim berjalan lebih efisien, sehingga kebutuhan pasar dapat terpenuhi dengan baik dan lebih cepat.
 
"Kegiatan ini juga wujud apresiasi Pupuk Kaltim terhadap dedikasi distributor dan kepala gudang dalam mendukung kelancaran distribusi produk perusahaan di wilayah Kalimantan" kata Indah.
 
Dijelaskan Indah, para distributor hingga kepala gudang merupakan salah satu faktor penentu agar distribusi berjalan dengan baik di masing-masing wilayah.

Melalui wadah seperti ini, berbagai peningkatan dan perbaikan kinerja antara kedua belah pihak pun dapat semakin dioptimalkan, baik dengan sejumlah terobosan maupun strategi bersama dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.
 
"Termasuk kendala maupun tantangan yang saat ini dihadapi bisa kita rumuskan bersama untuk memberikan pelayanan dengan kinerja terbaik bagi pelanggan," lanjut Indah.
 
Selama rangkaian kegiatan, Pupuk Kaltim menyajikan delapan sesi bersama para peserta. 

Dimulai dengan product knowledge untuk memperdalam pemahaman para distributor dan kepala gudang tentang produk unggulan Pupuk Kaltim seperti Urea Nitrea Granul, NPK Pelangi, NPK Pelangi JOS, Ecofert, Biotara dan Biodex.
 
Dilanjutkan sesi materi khusus Urea Nitrea Granul, agar peserta lebih memahami karakteristik dan keunggulan kompetitif dari produk tersebut. 

Lalu Program Promosi, pengetahuan terkait Izin Edar, Layanan Pelanggan, prosedur pergudangan yang efektif dan efisien, serta Pengendalian Kualitas Distribusi.

Selain itu jug disajikan topik terkait Good Corporate Governance (GCG) sebagai salah bentuk kewajiban Pupuk Kaltim tentang pentingnya melaporkan tindakan yang menyimpang di lapangan, demi mewujudkan Perusahaan yang bersih dan berintegritas.
 
Terakhir, para distributor dan kepala gudang juga dibekali materi tentang pengendalian kualitas distribusi, guna memastikan produk yang sampai ke tangan konsumen tetap berkualitas tinggi.

Disamping juga berbagi pengalaman dan memberikan masukan konstruktif, guna memajukan kerjasama yang lebih baik di masa datang.
 
Program promosi menjadi salah satu bahasan menarik para distributor dan kepala gudang wilayah Kalimantan. Banyak masukan agar program ini bisa dikolaborasikan Pupuk Kaltim bersama Distributor Prioritas. 

"Mulai dari sosialisasi ke petani, pameran, sponsorship, One Day promotion dan sebagainya. Gagasan seperti ini sangat kami sambut baik," tutur Indah.

Melalui kegiatan ini, Pupuk Kaltim berharap dapat terus meningkatkan kualitas layanan dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik. 

Sinergi yang kuat antara perusahaan dan Distributor melalui Sales Force Distributor serta Stock Holder diharap dapat membawa dampak positif bagi perkembangan industri, sekaligus memperkuat komitmen Perusahaan dalam mendukung pertanian yang berkelanjutan dan produktif.
 
Pupuk Kaltim akan terus berupaya menjadi mitra yang andal dan inovatif bagi para petani maupun stakeholder di seluruh Indonesia. 

"Dengan dukungan penuh dari distributor hingga kepala gudang, kami yakin dapat terus memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan pertanian nasional," tambah Indah.
 
Sejumlah peserta kegiatan pun menyambut positif Closer to Sales Force & Stock Holder 2024. Mereka menilai kegiatan ini sangat bermanfaat dalam memperkuat komunikasi, maupun koordinasi antara produsen dengan distributor di daerah. 

Kegiatan ini pun menjadi ajang yang tepat untuk memperluas wawasan, sekaligus mendapatkan informasi terbaru seputar produk dan kebijakan Pupuk Kaltim dalam penyaluran kebutuhan pupuk bagi petani di tiap wilayah.
 
"Kegiatan ini menunjukkan Pupuk Kaltim sangat peduli dan selalu berusaha untuk meningkatkan kerja sama dengan para distributornya di daerah. Dari kegiatan ini, kami pun jadi lebih terpacu untuk meningkatkan kinerja," ucap salah satu distributor.
 
Dirinya pun berharap kegiatan ini dapat digelar secara berkala, sehingga berbagai isu dan hal lain yang berkaitan dengan produk maupun proses distribusi pupuk dari lini 1 hingga daerah bisa tersampaikan, serta dipahami dengan baik oleh para distributor. 

Hal ini pun dinilai bagian dari optimalisasi pelayanan yang diberikan bagi petani, dengan memperkuat komitmen bersama untuk saling dukung dalam penyaluran pupuk di daerah.
 
"Dengan adanya diskusi seperti ini, kami yakin peningkatan pelayanan dengan optimalisasi penyaluran yang efektif bagi petani di seluruh wilayah akan mampu terlaksana sesuai target," tutupnya. ***

Leave a comment