GAPKI Kalbar Gelar Lomba Poster Sahabat Sawit, Ini Syarat dan Cara Mengikutinya

2024-09-20 11:29:43
Ilustrasi. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia Cabang Kalimantan Barat, atau GAPKI Kalbar gelar lomba poster sahabat sawit untuk tingkat siswa SMA dan mahasiswa. 

Adalah lomba poster GAPKI Kalbar ini bakal merebutkan hadian uang tunai jutaan rupiah, dan batas akhir pengiriman karya lomba poster pada 25 Juli 2024. 

Kepala Bidang Media dan Informatika, GAPKI Kalbar, Mufi Huda mengatakan, ada tiga tema poster yang diangkat dalam perlombaan ini.

Pertama, 24 jam bersama sawit. Kedua, sawit ramah lingkungan. Ketiga, sawit komuditas strategis Indonesia. 

Adapun syarat ketentuan lomba tersebut, di antaranya melampirkan fotocopy kartu pelajar atau surat keterangan dari sekolah dan KTM bagi mahasiswa. 

"Poster terbaik versi JPEG, PDF atau PNG dengan resolusi 300 DPI ukuran A3," terangnya.

Selain itu, poster yang dikirim merupakan karya yang belum pernah dikutsertakan dalam lomba sejenis lainnya. Karya tersebut harus milik pribadi. Peserta bertanggungjawab penuh terhadap karya yang dikirimkan. 

Adapun karya poster dibuat melalui media digital dengan software grafis manual dengan teknik bebas, dan dilarang menggunakan Artficial Inteligence atau AI. 

"Poster yang dikirimkan menjadi milik panitia dan dapat secara bebas digunakan dalam kegiatan GAPKI Cabang Kalimantan Barat dengan tetap memberikan hak ciptanya pada peserta," terangnya. 

Selain itu, poster lomba dapat dikirim melalui email: [email protected], paling lambat tanggal 25 Juli 2024, dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Peserta wajib menyertakan nama lengkap, nomor kartu pelajar, kartu mahasiswa, nomor HP yang bisa dihubungi, dan akun sosial media linstagram yang aktif. 

2. Menyertakan link google drive yang berisi karya poster dengan format penamaan file: Lomba Poster Sahabat Sawit_NAMA PESERTA. 

3. Peserta wajib mengunggah poster pada akun Instagram masing-masing dengan hashtag (#Gapki Kalbar, #tiadaharitanpasauwit) dan menandai akun Instagram Gapki Kalbar@gapkikalbar

4. Peserta diwajibkan mengikuti akun Instagram @gapkikalbar.

Adapun pemenang dalam lomba tersebut terdiri dari juara 1, 2, dan 3 serta juara favorit ditentukan oleh juri. Kriteria penilaian tersebut di antaranya kreativitas, kerapian, komposisi warna, dan originalitas karya. 

"Juara 1 mendapatkan uang tunai Rp3 juta, juara II Rp2 juta dan Juara III Rp1, 5 juta rupiah," pungkasnya.***

Leave a comment