Belanda vs Ekuador Pada Piala Dunia 2022 Qatar: La Tri Hampir Membuat Timnas Oranje Kewalahan

2024-09-23 06:32:24
Ilustrasi

Insidepontianak.com – Pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar yang mengambil tempat di Khalifa International Stadium pada Jum'at, 25 November 2022 hampir membuat Belanda sempoyongan hadapi timnas Ekuador.

Meski pada dalam pertandingan Belanda terlihat terampil di atas lapangan Piala Dunia 2022 Qatar, Ekuador tak mau kalah dalam permainan tersebut. La Tri bahkan sempat menekan timnas Oranje sebelum laga berakhi.

Hal tersebut juga didukung oleh sang kiper Ekuador yang berhasil menyelamatkan tendangan bola dari Belanda. Laga pun benar-benar menguras tenaga maupun mental kedua tim saat merebutkan tiket 16 besar di Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: Cedera Neymar Saat Melawan Serbia di 2022 Qatar Berpotensi membawanya Pulang Duluan?

Ketika babak pertama dimulai, nampak permainan Belanda sangat mendominasi pertandingan tadi malam. Meski keduanya tampak berlaga dengan pelan untuk ambil aman, Ons Oranje berhasil mencetak gol di babak pertama.

Itu terjadi di menit ke-6 ketika Gakpo mendapat bola, diapun mencuri kesempatan dengan tendangan meroketnya dari luar kotak penalti. Ternyata Gol! Peluang yang mampu dimanfaatkan oleh Oranye membuatnya unggul sementara waktu dengan skor Belanda 1-0 Ekuador.

Melihat gawangnya kebobolan, Ekuador tak memiliki sifat gregetan agar segara membalas dendam. Mereka tampak terlihat bermain dengan sabar dan santai melayani Belanda.

Tempo permainan lambat tersebut bukan berarti membuat Ekuador tampak lemah, terbukti di menit ke-32 Enner Valencia berhasil membuat sepakan ke gawang Belanda.

Aksi tersebut bermula Valencia membawa bola dari sisi kiri kotak penalti, melihat tersebut Noppert siap siaga menyambut kedatangan pemain Ekuador tersebut. Tendangan dilayangkan kemudian, sayangnya kiper Belanda bisa membaca gerakannya.

Babak pertama di tutup dengan gol yang hampir dibuat oleh Ekuador. Nyaris saja sepakan Estupinan menyamai kedudukan skor belanda, sayangnya hal itu tidak disahkan oleh sang wasit karena ternyata dia offside.

Pada babak pertama serangan ke kubu Ekuador dilancarkan bertubi-tubi oleh Belanda. Namun di babak ke dua, hal itu bertolak belakang, La Tri dapat menguasai permainan bola meski dengan tempo permainan yang sama, stagnan.

Sedangkan di pihak Belanda, babak kedua merupakan kutukan terberat bagi mereka. Ons Oranje terlihat sempoyongan menghadapi Ekuador yang memiliki fisik bugar.

Melihat Belanda hampir kewalahan, Ekuador mengambil kesempatan di menit ke-49. Momen yang diharapkan oleh La Tri terwujud akibat aksi ganda Estupinan dan Valencia pecundangi Noppert.

Estupinan menyepakkan bola ke gawang Belanda, Noppert berhasil menghalaunya. Namun bola yang mental tersebut segara disambar oleh Valencia, akhirnya GOOOL! Ekuador setara dengan Oranje. Skor pun berganti Belanda 1-1 Ekuador.

Di menit ke-59 lagi-lagi Ekuador berulah, umpan silang dari Angelo Preciado awalnya berhasil di berhentikan oleh Virgil van Dijk. Sayangnya beberapa detik kemudian bola berhasil diambil alih Preciado.

Aksi gemilang Preciado kemudian mencoba hentakkan ke gawang Noppert, sayangnya bola malah mengenai tiang milik Belanda. Skor pun tetap menjadi Belanda 1-1 Ekuador sampai laga benar-benar selesai.

Belanda Puji Ekuador

Meskipun di babak awal dan akhir Belanda berhasil menghalau langkah Ekuador agar mencetak gol, timnas Ons Oranje mengakui kekuatan fisik mereka yang terlihat tangguh.

Dalam pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar pada Jum'at, 25 November. Kemampuan menguasai bola boleh dikatakan dimiliki oleh Ons Oranje, akan tetapi Ekuador tak bisa dianggap remeh meladeni perwakilan timnas Eropa tersebut.

Hal tersebut mendapatkan pujian yang gemilang oleh para pemain timnas Belanda, di mata mereka pemain Ekuador benar-benar memiliki tenaga kuda yang patut diwaspadai di Piala Dunia 2022 Qatar.

“Ekuador adalah tim yang bagus. Mereka adalah tim yang sulit untuk dihadapi,” puji Frankie De Jong mengenai permainan Ekuador, dikutip dari The European Lad.

Selain itu, kemampuan fisik yang dimiliki pemain Ekuador juga mendapatkan komentar baik dari De Jong.

Baca Juga: Piala Dunia Qatar 2022: Menang Lawan Serbia, Brazil Masih Cemas Nantikan Kebugaran Neymar

“Secara fisik mereka sangat kuat, cepat dan bertenaga, mereka juga terus melaju selama 90 menit,” ucapnya.

Pujian kepada Ekuador tak hanya datang dari De Jong saja, Virgil van Dijk juga mengacungi jempol terkait kekuatan fisik mereka. Dalam pandangannya, La Tri merupakan ke sebelasan yang tangguh di Piala Dunia 2022 Qatar.

“Kami menghadapi tim hebat (Ekuador). Mereka memberikan tekanan yang sangat baik, mereka bukan kelas dunia dalam penguasaan bola tetapi mereka agresif dan tajam,” puji Van Dijk. ***

Tags :

Leave a comment