Pertama Kali dalam Sejarah, 3 Wasit Wanita Piala Dunia Qatar 2022 Akan Mengawal Pertandingan

2024-09-22 12:39:43
Ilustrasi

Insidepontianak.com – Jam terus bergulir, menandakan pertandingan sekelas Piala Dunia Qatar 2022 semakin dekat. Media semakin gencar memburu segala hal berbau ajang bergengsi tersebut, tak terkecuali tentang wasit wanita dan asisten wasit juga jadi sorotan.

Ketika ajang sepak bola Internasional biasanya didominasi oleh laki-laki, beda halnya dengan Piala Dunia Qatar 2022 kali ini. FIFA telah menunjuk sederet nama wasit wanita agar benar-benar bisa menegakkan sikap supportive pada pesta sepak bola tersebut.

Sederet wasit wanita yang akan tampil pada Piala Dunia Qatar 2022 merupakan pertama kalinya dalam sejarah. Pasalnya di perhelatan ajang sepak bola antar Negara ituitu di tahun-tahun sebelumnya diisi oleh laki-laki.

Baca Juga: Menuju Piala Dunia FIFA Qatar 2022, Berikut 4 Daftar Negara Kuda Hitam yang Tercatat Dalam Sejarah

Hal lain yang menjadi sorotan tentang kemunculan wasit wanita di Piala Dunia Qatar 2022, dikarenakan protes para fans sepak bola dunia yang menganggap pemerintah Qatar tidak memberikan ruang kebebasan pada perempuan.

Namun, isu-isu tentang perempuan yang tidak mendapatkan ruang publik diperkirakan akan segera berakhir, dengan kemunculan sederet wasit wanita di Piala Dunia Qatar 2022. Hal ini juga senada dengan Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina.

"Ini mengakhiri proses panjang yang dimulai beberapa tahun dengan penempatan wasit wanita di turnamen junior dan senior pria FIFA. Dengan cara ini, kami dengan jelas menekankan bahwa yang penting bagi kami adalah kualitas dan bukan gender," tuturnya dengan tegas.

Dia juga berharap, kemunculan wasit wanita di pertandingan-pertandingan olahraga manapun tidak akan membuat gempar lagi di kemudian hari.

"Saya berharap ke depan, pemilihan ofisial pertandingan putri untuk kompetisi pria dianggap sebagai sesuatu yang biasa dan tidak lagi sensasional. Mereka pantas berada di Piala Dunia FIFA," ucap Pierluigi.

Sedangkan para wasit wanita yang akan mengawal Piala Dunia 2022 terdiri dari tiga berjenis kelamin perempuan yang akan mengawal langsung di tengah lapangan.

Siapa saja kah ketiga wasit wanita yang akan tampil di Piala Dunia 2022? Yuk simak selengkapnya:

Salma Mukansanga

Wanita asal Rwanda ini merupakan wasit yang dihormati dalam beberapa pertandingan sepak bola. Pada 18 Januari silam, dia juga menjadi wasit di laga pertempuran lapangan hijau antara Zimbawe vs Guinea.

Salma juga tercatat tampil di liga Piala Afrika pada tahun 2021 di Kamerun, sepak bola pria All Africa games di tahun 2015, Piala Dunia Wanita 2019, dan pengalaman wasit Internasional di Olimpiade Tokyo 2020.

Wanita yang memegang gelar keperawatan dari Univesitas Gitwe ini pun tercatat menjadi wasit FIFA semenjak tahun 2012.

Yoshimi Yamashita

Yoshimi dikabarkan akan menjadi salah satu dari keenam wasit wanita yang akan ngawasi pertandingan Piala Dunia 2022.

Wanita asal Jepang ini juga sudah mengenyam beberapa pengalaman menjadi wasit sebeken ajang Internasional.

Di tanah kelahirannya, Yoshimi sudah memimpin liga tingkat pertama, ke dua, dan ke tiga. Saat itu dia dia sedang ditunjuk mengawasi pertandingan FC Tokyo vs Kyoto Sanga, dan ke dua laga Melbourne City vs Chunnam Dragons.

Baca Juga: Prediksi Qatar vs Ekuador di Piala Dunia Qatar 2022: Tuan Rumah Sedikit Tenang

Ketika FIFA mengadakan Piala Dunia Wanita 2019, dia juga dioercaya untuk mengawal pertarungan timnas berbagai antar Negara tersebut.

Debutnya pada ajang Piala Dunia Qatar 2022, mengawali sejarah wasit Wanita pertama dari Asia dan di pertandingan sepak bola Internasional pria. Yoshimi sendiri mendapat sertifikat wasit FIFA pada tahun 2015.

Stephanie Frappart.

Dia berasal dari Perancis dan kini usianya beranjak 38 tahun. Kiprahnya dalam meniup peluit sudah banyak sekali, baik di tanah kelahiran atau pun sekelas Internasional.

Dalam pertandingan lokal dimana dia dilahirkan, Flappart memimpin semua Liga yang berada di Perancis. Mulai dari Championnat National sampai Liegue 1 Perancis pernah dicicipinya.

Pada pertandingan Juventus vs Dynamo Kyiv di Liga Champions 2022, atau sekelas Piala Super Eropa 2019, pernah memakai jasanya untuk menentukan arah permainan di kancah benua Eropa.

Sedangkan kiprahnya dalam dunia perwasitan Internasional, pertandingan Piala Dunia FIFA Wanita tahun 2015 Kanada dan Perancis di tahun 2019 di awasi langsung oleh Frappart.

Kini kiprahnya dalam ajang Piala Dunia Qatar 2022 akan menambah komitmennya untuk menjadi wasit yang dikagumi.

Dia sendiri terpilih menjadi wasit wanita ter-top di tahun 2019, 2022, dan 2021 oleh Federasi Internasional Sejarah Sepak Bola dan Statistik.

Selain ke tiga wanita yang telah disebutkan, FIFA juga merekrut tiga perempuan lain yang akan menjadi asisten wasit dan berjaga di luar garis lapangan serta memegang bendera.

Baca Juga: Bola 'Al Rihla' Siap Ditendang di Lapangan Piala Dunia Qatar 2022, Akankah Tragedi Tahun 2010 Terulang?

Mereka semua datang dari benua Amerika, Neuza Back asal Brasil, Karen Díaz Medina datang dari Mexico, dan yang terakhir Kathryn Nesbitt dari Amerika Serikat.

Itulah sederet nama-nama wasit wanita yang akan terjun langsung mengawasi para pemain yang akan berlaga di Piala Dunia Qatar 2022. Mereka sudah melalui uji ketat penyeleksian wasit oleh FIFA sebelum ditunjuk untuk meniup peluit di tengah lapangan. ***

Tags :

Leave a comment