Ekuador Siap Hajar Lawan di Piala Dunia Qatar 2022, Gustavo Alfaro: Mereka Harus Membuat Sejarah Sendiri

2024-09-22 04:35:17
Ilustrasi

Insidepontianak.com – Pada pertandingan pertama Piala Dunia Qatar 2022, Ekuador akan mendapatkan jatah pertama untuk bertanding melawan Qatar pada Minggu, 20 November 2022. Gustavo Alfaro telah menyiapkan berbagai strategi untuk timnya.

Kesiapan Ekuador dalam pertandingan sepak bola Piala Dunia Qatar 2022 tidak bisa dianggap remeh. Pasanya negara yang berasal dari benua Amerika tersebut telah mengalami proses panjang agar bisa tampil nanti melawan Qatar.

Dalam tahap seleksi untuk bisa berlaga di Piala Dunia Qatar 2022 saja, mereka telah bersusah payah melawan negara-negara lainnya seperti Colombia, Chile, Brazil dan tim-tim lainnya yang dikenal mapan.

Baca Juga: Kritik Pedas Philipp Lahm Kepada Piala Dunia Qatar 2022, Dianggap Banyak Kejanggalan!

Timnas ekuador lolos melalui seleksi CONMEBOL dan kini telah bergabung dengan Grup A bersama Senegal, Belanda, dan Qatar.

Mereka juga harus bertanding dengan dada tegap agar membuahkan hasil serta dapat membuat nama Negaranya harum di kancah Internasional.

Kini di Piala Dunia Qatar 2022 mereka mempunyai misi untuk menebus kegagalannya di ajang yang sama namun diselenggarakan di Rusia pada tahun 2018. Bedanya sekarang, di Grup A sendiri akan mendapati tim-tim yang tangguh seperti Belanda.

Lantas bagaimana persiapan Ekuador dalam menghadapi musuh-musuh tangguhnya yang kini siap menanti mereka di atas lapangan? Yuk kita intip di sini.

Dilansir dari The Guardian (2/11/2022), untuk menghadapi lawan-lawan tangguhnya, Ekuador menunjuk pelatih terkenal asal Argentina yaitu Gustavo Alfaro. Pria yang kini berusia 60 tahun tersebut sudah mempunyai segudang pengalaman dalam hal melatih klub sepak bola.

Tercatat bahwa Boca Juinors, Arsenal Sarandi, dan Huracan pernah memakai jasanya, Alfaro memang terkenal di kalangan klub-klub sepak bola Argentina.

Kini Alfaro telah dipercayai menjadi pelatih timnas Ekuador di tahun yang ke dua, dia terbukti berhasil mengharumkan Negara tersebut setelah lolos dalam babak seleksi Piala Dunia Qatar 2022 di zona CONMEBOL.

Setelah Ekuador bisa dipastikan lolos untuk melanglang di pertandingan Piala Dunia Qatar 2022, Alfaro harus mendidik timnya agar berlatih dan bersabar dalam menghadapi tantangan nanti.

"Tantangannya adalah dinding kosong di mana mereka harus menggantung gambar mereka membuat sejarah. Mereka harus percaya – dan mereka melakukannya," ujar percaya diri.

"Mereka percaya sejak hari pertama, mereka berdiri bersama. Mereka sabar, mereka gigih tetapi mereka juga pemburu utopia yang mustahil. Tidak ada yang percaya pada Ekuador tetapi hari ini Ekuador berdiri tegak," sambunya lagi.

Enuador sendiri merupakan timnas paling muda yang berhasil lolos dalam babak seleksi dari benua Amerika Selatan.

Malangnya banyak pemain andalan mereka mengalami cedera sehingga tidak bisa mendukung timnya di ajang Paiala Dunia 2022 tersebut.

Baca Juga: Keberuntungan Timnas Brazil di Piala Dunia Qatar 2022, Simak Detailnya

Beberapa tim yang dipastikan absen seperti Robert Alboreda, Ayrton Preciado, dan Joao Rojas. Mereka semuanya sedang mengalami cedera dan sedang menjalani proses pemulihan.

NaNamun kekhawatiran para fans timnas Equador bisa sedikit reda ketika nama-nama pemain inti seperti Moises Caicedo, Piero Hincapie, dan Pervis Estupinan bisa dipastikan bermain langsung di Qatar nanti.

Terkait prediksi formasi pemain, Ekuador kini telah berhenti memakai bentuk 3-5-2. Alfaro sendiri kuat diduga akan memakai taktik formasi 4-4-2.

Namun, bila sudah berlaga di atas lapangan strategi-strategi tersebut bisa saja berubah menyesuaikan kondisi. ***

Tags :

Leave a comment