11 Manfaat Puasa Menurut Ilmu Kesehatan, Yuk Disimak

2024-10-01 00:19:40
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Bagi umat muslim, puasa merupakan rukun islam yang wajib dilaksanakan. Namun, di sisi lain, puasa ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Nah, artikel kali ini akan membahas 11 manfaat puasa menurut tinjauan ilmu kesehatan. Apa saja manfaatnya? Mari simak penjelasannya hingga tuntas.

Sebelum membahasnya, maka yang perlu diyakini dulu adalah, sejatinya tidak ada yang sia-sia dalam setiap yang Allah perintahkan kepada para hamba-Nya. Termasuk perintah ibadah puasa.

Pasti banyak hikmah dan manfaat di dalamnya. Tak terkecuali manfaat kesehatan. (Abdullah bin Muhammad At-Thayyar, Faidhur Rahimur Rahman fi Ahkami wa Mawa’izhi Ramadhan, [Riyadh: Maktabah At-Tsaubah: 1992], halaman 108).

Pantas Allah berfirman dalam Alquran, “Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS Al-baqarah: 184). Rasulullah SAW juga bersabda dalam hadisnya, “Berpuasalah, maka kalian akan sehat." (HR. Abu Nu’aim).

Kaitan dengan manfaat puasa di bidang kesehatan, sudah banyak ilmuwan, baik ilmuwan Muslim maupun Non-Muslim, yang membuktikan.

Antara lain adalah Dr Mak Padon, seorang ahli kesehatan Amerika. (Amal Yasin, Rawa’il-I’jaz fil Wudhu was Shalat was Shaum, [Kairo, Darul Kutub Al-Mishriyah: 2009], halaman 10-25). Secara detail ia menjelaskan sebagaimana berikut.

Setiap manusia butuh puasa meskipun ia tidak sakit. Sebab, racun-racun makanan akan berkumpul dalam tubuh. Sehingga membuat pemiliknya seperti orang sakit, bahkan bisa memberatkan dan mengurangi aktivitasnya.

Akan tetapi, jika ia berpuasa, maka berat badannya akan menurun dan racun-racun dalam tubuhnya akan terurai dan hilang.

Dengan demikian, racun-racun yang ada pada tubuh orang berpuasa akan bersih terkuras, berat tubuhnya akan kembali normal dan sel-sel tubuh yang rusak akan diperbaharui dalam tempo tidak lebih dari 20 hari setelah selesai puasa (lebaran).

Dengan begitu, tubuhnya akan kembali aktif, sehat, dan terasa ringan.  Lebih rinci lagi Mak Padon menjelaskan 11 manfaat kesehatan dari puasa sebagai berikut:

1. Mengistirahatkan sebagian organ pencernaan

2. Memperbaiki dan meremajakan sel-sel tubuh yang rusak.

3. Menguras zat-zat yang tersisa dalam usus yang seringkali bila tersimpan terlalu lama akan mengubah menjadi sampah beracun.

4. Memperbaiki sistem pencernaan dan penyerapan zat-zat makanan.

5. Menormalkan serta memperbaiki sistem eksresi atau sistem pembuangan zat-zat sisa pada tubuh.

6. Mengurai zat-zat berlebih dan tersimpan dalam jaringan tubuh yang rusak.

7. Menjernihkan pikiran dan mempertajam daya pikir

8. Memperbaiki dan membersihkan jaringan kulit.

9. Mengatasi obesitas.

10. Mengatasi diabetes.

11. Mengatasi kencing batu.

Inilah 11 manfaat puasa untuk kesehatan. Mudah-mudahan informasi ini memberikan motivasi kita untuk selalu semangat dalam menjalani ibadah puasa sebulan penuh.***

Sumber: Islam.nu.or.id

Leave a comment