RM Ayong 999, Bukan Sekadar Nasi Telur Pontianak: Cobalah Nasi Goreng Beraroma Ebi

2024-09-21 04:50:33
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - RM Ayong 999 adalah salah satu rumah makan yang viral di Pontianak. Menu andalannya, dari sekian ulasan yang ada, adalah nasi telur ceplok.

Menu ini demikian viral hingga menjadi ikon baru yakni nasi telur Pontianak. Padahal, RM Ayong 999 menjual menu lain yang rasanya tak kalah.

Ya, selain nasi telur, di RM Ayong 999 Pontianak ada menu lain seperti nasi goreng dengan bumbu ebi, kwitaw alias mie tiaw, dan sebagainya.

Tapi, nasi telur sudah terlanjur identik dengan RM Ayong 999. Ini tak lain gara-gara seorang YouTuber, Nex Carlos, mereview makanan tersebut di kanalnya pada 27 Februari 2018 lalu.

"Ini benar-benar makanan akhir bulan. Jadi kalau besoknya mau gajian dan uang pas-pasan ya pesen ini saja," katanya, dikutip dari kanal YouTube, Nex Carlos, Sabtu (25/8/2023).

Nah, sejak itu, banyak yang mendatangi RM Ayong 999 untuk mecoba atau mereview nasi telur. Padahal seperti kata Carlos, di rumah makan tersebut juga ada menu lain yang pantas untuk dinikmati.

Tidak itu saja, nasi telur ala RM Ayong 999 pun bak wabah hingga dikenal sebagai nasi telur Pontianak. Menu sederhana, sekdar ansi putih dan telur ceplok, ini bahkan sampai melintas batas daerah.

Dengan kata lain, ketika ada nasi telur ceplok, maka orang menyebutnya sebagai nasi telur Pontianak. Hingga, tak segan warung makan lain di daerah lain memasukan nasi telur Pontianak di daftar menunya.

Yang jelas, nasi telur di RM Ayong 999 memang memiliki cita rasa yang beda. Nasi putih yang di atasnya sudah diberi topping telur setengah matang ini begitu wangi dikarenakan digoreng menggunakan minyak bawang.

Pun nasi telur ini sedikit basah, tetapi di situlah letak kenikmatannya. Rasa asin, rasa gurih, rasa kuning telur setengah matang, aroma wangi dari minyak bawang, semua bercampur menjadi satu saat masuk ke dalam mulut.

Terlepas dari itu, melansir gotravelly.com, Sabtu 925/8/2023), RM Ayong 999 ini terletak di gang, tepatnya di antara Hotel Gajah Mada dan Supermartket Ligo Mitra Jalan Gajah Mada, Kecamatan Pontianak Selatan.

RM Ayong 999 ini ternyata sudah buka sejak pertengahan 1995. Dulu lokasinya ada di depan gang, tepatnya di tempat yang menjadi Ligo Mitra Bakery sekarang.

Penamaan 999 ini juga cukup unik, mulai diperkenalkan pada pengunjung pada 2007 saat Ayong, sang pemilik, memindahkan usahanya ke dalam gang.

Nama 999 diambil dari merek obat maag 999 yang saat itu cukup terkenal dan sering diiklankan di channel parabol; alat pemancar dan penerima channel siaran televisi.

Nah, selain nasi telur, cobalah menu lain yang ada di RM Ayong 999. Sebut saja nasi goreng, kwetiau goreng, dan cah tauge sawi (cah sayuran).

Nasi goreng di RM Ayong 999 sekilas tidak ada yang berbeda dengan nasi goreng umumnya, menggunakan kecap dan ditambahkan sayuran sawi dan tauge. Namun, jika diperhatikan benar-benar ada tambahan ebi.

Ebinya ini sudah diblender, teksturnya lebih halus dan ditambahkan saat nasi digoreng. Perpaduan aroma wangi nasi goreng ditambah aroma khas dari ebi ini sungguh amat memikat.

Ciri khas dari nasi goreng RM Ayong 999 ini sedikit berminyak, butir-butir nasinya terpisah satu sama lain dan tidak menggumpal. Sebagai informasi, warung makan ini buka setiap hari mulai jam 16.00-23.00 WIB.

Demikian soal RM Ayong 999, warung makan di Pontianak yang viral karena nasi telur. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment