Sejuknya Air Batu Jato, Destinasi Wisata Alam Sekadau: Pesona Sungai dan Jembatan Gantung

2024-09-23 19:22:34
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Batu jato merupakan wisata alam yang sangat sering untuk dikunjungi masyarakat Sekadau. Destinasi ini memiliki sungai dan jembatan gantung yang menawan.

Keberadaan jembatan gantung di atas sungai berair jernih dan deras jelas menambah pesona Batu Jato. Itulah sebab, banyak yang memburu wisata alam di Sekadau ini.

Belum lagi, dari jembatan gantung, Anda juga bisa melihat bebatuan yang seperti memenuhi sungai di destinasi wisata alam Batu Jato yang berada di Kabupaten Sekadau ini.

Ya, melansir celebes.co, Rabu (6/9/2023), Batu Jatoh berada di Desa Pantok, Kecamatan Nanga Taman. Untuk mencapai destinasi ini dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam dari pusat Kabupaten Sekadau.

Jalur menuju ke Batu Jato telah diperbaiki dan beraspal, tapi tidak begitu lebar. Jadi, jika ingin berkunjung ke destinasi ini hindari akhir pekan, pasalnya bisa macet total.

Wisata alam Batu Jato ini memilik air yang sangat jernih dan sejuk. Airnya berasal dari mata air yang berada di perbukitan langsung dan mengalir di batang sungai yang indah.

Aliran air tidak begitu deras, tetapi dapat dirasakan. Selain itu juga terdengar musik alam, gemericik air yang saling beriringan membasahi bebatuan besar ataupun kecil yang berada di sungai tersebut.

Yang jelas, Batu Jato adalah tempat wisata yang masih sangat alami. Bahkan akses ke tempat wisata tersebut pun melewati pepohonan-pepohonan rimbun.

Di pepohonan itupun masih banyak terdapat binatang-binatang seperti semut, serangga, maupun binatang kecil lainnya. Pepohonan asli dan kejernihan air, dua perpaduan yang sangat menarik mendominasi wisata ini.

Nah, Ketika berwisata di sungai, Anda akan disuguhi oleh jembatan gantung. Jembatan ini berbahan kayu dan tali dari besi, menjadi akses untuk pejalan kaki.

Artinya, Anda bisa menikmati sensasi goyangan jembatan gantung serta bisa berfoto di jembatan gantung yang di bagian bawahnya berupa deretan bebatuan yang sangat indah.

Salah satu yang menarik di Batu Jato adalah Anda dapat menapaki kaki di beberapa bebatuan besar yang berada di sungai. Selain menapakkan kaki, Anda juga dapat duduk bahkan berguling di bebatuan ini.

Dan tentu saja, bermain air. Ya, daya tarik utama Batu Jato adalah air. Jadi sangat disayangkan jika Anda datang tetapi tidak bermain air. Anda bisa berenang atau sekadar celup-celup kaki.

Wisata Alam Batu Jato Sekadau ini bisa untuk semua kalangan. Khusus anak pilihlah lokasi bebatuan yang tidak terlalu extreme. Anda bisa memantau anak-anak sambil duduk duduk menikmati riuhnya suara air yang jernih.

Anda juga dapat membuat kenangan indah sembari berfoto sungai tersebut. Terdapat banyak spot foto yang bagus dan menarik seperti di jembatan gantung, bebatuan besar, dan sebagainya.

Pun ada warung makanan dan minuman serta penjual souvenir khas Nanga Taman yang bisa Anda beli dan bawa pulang sebagai cendramata.

Demikian soal wisata alam di Kabupaten Sekdau yang bernama Batu Jato. Tempat wisata yang menawarkan keasrian alam dan jembatan gantung yang menawan. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment