Delapan Tips agar AC Tetap Awet: Terus Dingin dan Tahan Lama

2024-09-23 06:28:35
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Bagaimanapun Air conditioner (AC) adalah mesin. Artinya butuh perawatan dan tips agar mesin itu terus awet, tahan lama, dan tetap dingin.

Tips merawat AC sejatinya tidak mahal, yang dibutuhkan adalah kedisplinan. Ya, kedisiplinan pemilik adalah kunci hingga AC tetap awet.

Tips merawat AC tentunya secara berkala. Jika tidak, jangankan tetap awet, AC malah bisa menjadi 'musuh' bagi ekonomi juga kesehatan Anda.

Melansir duniaelektronik.net, Senin (30/10/2023), setidaknya ada delapan tips merawat AC agar tetap awet, dingin, dan tahan lama.

Nah, berikut tips yang dimaksud:

1.Pastikan Ruangan Benar-benar Tertutup
Jika pintu atau atau jendela terbuka, maka udara panas dari luar akan mudah masuk. Maka kompresor AC akan senantiasa harus bekerja dengan sangat ekstra sehingga akan mudah sekali rusak.

Oleh karena itu, pastikan ketika AC dinyalakan ruangan benar-benar tertutup rapat. Selain dapat membuat kompresor bekerja dengan normal, lebih dari itu udara dingin pun dapat dengan mudah menyebar sekalipun AC baru dinyalakan.

  1. Jangan Merokok di Ruangan Ber-AC
    Merokok selain dapat membuat udara sekitar menjadi kotor, lebih dari itu asap yang dihasilkan pun dapat meningkatkan risiko kerusakan pada AC.

Asap yang dihasilkan dari rokok tersebut, selain dapat membuat tampilan AC menjadi kusam, bagian dalamnya pun akan cepat mengalami kotor karenanya.

Lebih parah lagi, zat nikotin yang ada dalam rokok juga dapat mengendap di dalam evaporator. Hal ini tentu saja akan membuat udara yang dikeluarkan dari AC menjadi kurang sejuk bahkan pengap.

  1. Gunakan AC Sesuai dengan Kebutuhan
    Tidak sedikit orang yang membiarkan AC yang dimilikinya terus menyala. Jika sudah tidak diperlukan, sebaiknya matikan saja AC tersebut, selain lebih hemat energi, hal ini juga dapat membuat AC lebih awet tahan lama.

Pada dasarnya, waktu ideal untuk AC beroprasi adalah selama 5 jam, jadi jika sudah lebih dari itu sebaiknya matikan AC agar bisa beristirahat.

Jika memang Anda harus menggunakan AC lebih dari 5 jam, silahkan gunakan fitur otomatis agar ketika sudah terlalu lama, AC bisa beristirahat sejenak untuk menjaga performanya.

  1. Jangan Lupa Bersihkan Filter AC Secara Berkala
    Filter AC adalah salah satu komponen yang sangat penting, jika komponen ini kotor udara yang dihasilkan juga bisa ikut tercemar, bahkan juga tersumbat.

Desainnya yang mudah dibongkar pasang, tentu akan membuat Anda menjadi sangat mudah untuk membersihkannya. Cuci sampai bersih menggunakan air dan sikat gigi bekas yang masih bersih.

Lakukan proses pembersihan filter ini antara 1 hingga 2 bulan sekali. Namun jika saat dibuka filternya sudah sangat kotor, akan lebih bijak sana jika anda langsung menggantinya dengan yang baru.

  1. Lakukan Service Secara Berkala
    Service atau perawatan AC tentu bukan hanya membersihkan filternya saja. Mengingat ada beberapa komponen lain yang juga harus dirawat, sebaiknya anda menggunakan jasa service AC yang memang sudah ahi dalam bidang tersebut.

Jika AC berjenis split, maka mesin outdoor dan indoornya akan dibersihkan. Sebaiknya gunakan jasa service ini setiap 3 bulan sekali. Selain dapat senantiasa memantau kinerja AC, hal ini juga dapat mengurangi beban kerja AC dikarenakan bagian dalamnya yang sangat kotor.

  1. Pasang Termometer di Ruangan
    Termometer adalah alat pengukur suhu, yang sangat berguna untuk memantau kinerja AC setiap saat. Baik atau menurunnya kinerja AC, dapat dengan mudah dilihat dari hasil alat ukur tersebut.

Ketika AC rusak, maka ia tidak akan bisa mengeluarkan suhu, sesuai dengan yang Anda inginkan. Contohnya suhu 25 derajat celcius, namun ternyata suhu udara di dalam ruangan tetap panas.

Jika hal ini terjadi, cek apakah ketidaksesuaian ini disebabkan karena terlalu banyaknya orang dalam ruangan, atau mungkin karena ruangan yang berukuran terlalu besar.

Namun jika ruangan yang tidak terlalu luas dan tidak ada banyak orang di dalamnya, berarti itu menandakan AC anda rusak, dan harus segera memanggil tukang service, sehingga kerusakan tidak menjadi parah.

  1. Jangan Lupa Cek Tekanan Freon
    Bila freon bocor, maka tekanan freon yang dihasilkan akan turun drastis sehingga AC tidak akan dingin lagi, atau bahakan ia akan mati hidup dengan sendirinya.

Dengan demikian, cara merawat AC agar awet yang tidak boleh dispelekan adalah dengan mengecek tekanan freon, minimal setiap 6 bulan sekali dan gunakanlah jasa service AC profesional.

Jika ternyata tekanannya berkurang, mintalah agar jasa service menambah kembali tekanan freonnya, sehingga AC dapat kembali bekerja dengan normal.

  1. Gunakan Fitur Timer
    Agar AC selalu awet, sebaiknya jangan lupa untuk senantiasa menggunakan fitur timer. Fitur ini sangat bermanfaat untuk mengatur waktu operasional AC, selama waktu yang telah diatur sebelumnya.

Dengan senantiasa menggunakan fitur ini, maka Anda akan terhindar dari kasus lupa mematikan AC, sehingga tidak akan terulang lagi AC terus menyala padahal tidak ada orang di dalam ruangan.

Selain itu, dengan mengatur timer AC, maka kinerja AC akan senantiasa ringan. Sebab AC hanya akan bekerja sesuai kebutuhan dan akan mati otomatis saat pengaturan waktunya telah berakhir.

Demikian tentang delapan tips merawat AC agar tetap awet, dingin, dan tahan lama. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment