Selain Lalat Hijau, Ini Jenis Lalat Lain yang Berbahaya bagi Kesehatan

2024-09-22 16:29:31
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Lalat hijau memang dikenal berbahaya karena bisa menyebarkan beragam penyakit. Namun, bukan berarti dia satu-satunya, jenis lalat lain juga bisa mengancam kesehatan.

Artinya, masih ada jenis lalat lain yang ternyata berbahaya bagi kesehatan Anda. Persis dengan lalat hijau, semuanya suka dengan yang kotor atau jorok.

Perbedaan jenis lalat yang berbahaya bagi kesehatan ini dengan lalat hijau terletak pada daerah operasinya, namun secara umum tak jauh berbeda.

Melansir enesis.com, Senin (13/11/2023), umumnya, lalat terkenal sebagai jenis serangga pengganggu yang membawa dan menyebarkan penyakit.

Serangga ini sering hinggap di makanan atau bahkan mengerumuni minuman. Nah, dari berbagai jenis, terdapat beberapa lalat yang berbahaya bagi manusia karena dapat menimbulkan penyakit.

Berikut ini adalah beberapa jenis lalat yang berbahaya:

  1. Lalat Bot (Botfly)
    Lalat bot atau botfly adalah jenis lalat yang berbahaya di dunia karena larvanya dapat masuk ke dalam tubuh manusia.

Pertama-tama, lalat bot akan menaruh larvanya pada nyamuk yang akan ditularkan ketika menggigit manusia. Kemudian, larva tersebut akan masuk ke tubuh dan berkembang di dalamnya.

Untuk mengetahui apakah gigitan nyamuk tersebut mengandung larva botfly, perhatikan efek setelahnya. Biasanya, akan berupa benjolan merah dan seperti ada sesuatu yang bergerak di bawah kulit, serta terasa gatal atau nyeri.

  1. Lalat Rumah
    Lalat rumah merupakan jenis lalat yang sering ditemukan di rumah. Lalat ini menyukai tempat atau makan berbau busuk dan basah. Lalat ini memiliki ukuran sebesar 8 milimeter dan memiliki rongga dada berwarna abu-abu.

Lalat ini dapat menyebar berbagai penyakit melalui makanan yang dihinggapinya. Selain itu, lalat rumah juga dapat memperparah luka yang masih basah.

  1. Lalat Daging
    Lalat yang berbahaya selanjutnya yaitu lalat daging yang ukurannya mulai 6 hingga 14 milimeter. Lalat ini sering hinggap serta menaruh telurnya di daging yang telah membusuk, dan sangat menyukai bangkai hewan.

Tak hanya pada daging hewan darat, lalat ini juga menaruh larvanya pada ikan laut. Penyakit yang dapat ditularkan yaitu pseudomyiasis usus dan basil kusta. Penularan terjadi ketika manusia mengonsumsi daging hewan yang mengandung larva lalat buah.

  1. Lalat Tumbuhan
    Tidak berdampak langsung pada tubuh manusia, lalat tumbuhan merupakan jenis lalat yang berbahaya karena dapat merusak tumbuhan. Lalat ini juga dapat menyebar berbagai bakteri melalui tumbuhan yang dihinggapinya.

Seperti diketahui, lalat hijau bisa menyebabkan penyakit kolera, salmonellosis, demam tifoid, disentri, pes, dan infeksi parasit di dalam usus.

Sesuai dengan namanya, salah satu ciri dari lalat hijau adalah berwarna hijau keemasan. Selain itu, hewan ini memiliki mata berwarna merah dan suaranya nyaring.

Demikian soal jenis-jensi lalat yang berbahaya bagi kesehatan. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment