Prioritas APBD Kalbar untuk Pembangunan hingga Peningkatan Kualitas SDM Penjuru Wilayah

2024-09-22 18:31:25
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kalimantan Barat termasuk dari Dana Bagi Hasil (DBH) perkebunan sawit digunakan untuk pembangunan daerah.

Ini diungkapkan Pejabat Gubernur Kalbar, Harisson belum lama ini. Kata dia, APBD umumnya digunakan untuk sektor prioritas dalam pembangunan, seperti infrastruktur, kesehatan dan pendidikan.

“Porsi APBD kita ini harus seimbang agar pengeluarkan atau belanja daerah bisa berdampak kepada program yang akan kita usung di tiap tahunnya dalam susunan mata anggaran yang sudah pasti,” katanya.

Tiap tahun APBD Pemrpov Kalbar akan selalu berubah sesuai porsi dan kebutuhan daerah. Apalagi, tiga priorotas dalam APBD itu umumnya menyedot anggaran.

“Tentu dampaknya ingin kita rasakan, infrastruktur seperti jalan-jalan, gedung pablik bisa ada di tiap wilayah Kalbar. Akses jalan yang baik untuk ekonomi lebih lanjut. Belum lagi peningkatan kualitas SDM publik kita juga jadi perhatian kita,” akunya.

Mantan Kadis Kesehatan Kalbar ini menuturkan,  kebijakan pemerintah soal akses publik menjadi prioritas tiap tahun karena ini hal yang dibutuhakn masyarakat.

“Makanya keberhasilan penadapatan sektor pajak terus kita optimalkan agar hasilnya kembali untuk masyarakat Kalbar. Kita terus pacu pendapatan kita di segala bidang dengan harapan meningkat dan hasilnya bisa maksimal,” ujarnya. (W/REDAKSI)

Leave a comment