Trik Khusus Bikin Nomor Halaman Satu di Halaman Kedua pada Ms Word: Andalkan Fitur Breaks

2024-09-22 11:47:27
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Penggunaan Ms Word dapat membantu membuat nomor halaman satu di halaman kedua. Hal ini dapat terwujud dengan bantuan fitur Breaks yang ada di dalam aplikasi pengetikan tersebut.

Berkat fitur Breaks yang ada di dalam Ms Word, pengguna pun tidak perlu bingung ketika hendak membuat nomor halaman satu di halaman kedua. Sebab, caranya cukup mudah dilakukan bagi pemula.

Karena trik pembuatan halaman satu di halaman kedua cukup sulit dilakukan di Ms Word. Kiranya penting bagimu untuk mengetahui cara dan langkah tepatnya, yakni melalui bantuan fitur Breaks.

Trik pembubuhan halaman pertama di halaman kedua rasanya membingungkan bila dilakukan secara manual. Pemberian nomor ini sendiri nyatanya dikenal dengan opsi Footer yang bisa diletakkan pada bagian bawah lembaran.

Naun, footer yang telah diaktifkan pada halaman tersebut memiliki sistem kerja continuity. Yakni, antara nomor halaman satu dengan yang lainnya akan berurutan dan tidak bisa dipisah.

Maksudnya, bila kamu mencoba memberikan nomor halaman pada halaman kedua dengan angka satu, secara otomatis yang akan keluar di bagian bawah lembaran tetap angka 2.

Sedangkan halaman pertama yang biasanya berisi cover, akan terkena dampak dengan pembubuhan angka 1 untuk mengindikasikan urutan halaman.

Bila membuka halaman baru, yakni pada halaman tiga sampai 10 semua nomor halamannya juga akan diatur mengikuti jumlahnya. Hal inilah yang membuat pengguna Ms Word merasa kesulitan ketika menggarap karya tulis ilmiyah.

Pada umumnya, mereka akan memisah cover, daftar isi, dan kata pengantar terpisah dari isi halaman. Penyebabnya tidak lain lantaran sistem kerja Footer yang selalu berkesinambungan.

Untuk mengakalinya, kamu bisa membuat nomor halaman satu di halaman kedua dengan fitur breaks pada Ms Word. Berikut ini penjelasan cara lengkapnya:

Cara Buat Halaman Satu di Halaman Kedua dengan Breaks.

Sebelum menuju ke langkah detailnya, pastikan kamu telah mengaktifkan Breaks untuk memisah halaman. Dengan demikian, pembubuhan nomor halaman satu dapat dilakukan di halaman kedua.

  1. Buka dokumen yang hendak diberikan nomor halaman.
  2. Untuk menggunakan fitur Breaks, silahkan akses opsi 'Layout' pada menu bar Ms Word.
  3. Pilih opsi 'Breaks' diantara deretan menu.
  4. Selanjutnya, silahkan ketuk pilihan 'Next Page'.
  5. Setelah diaktifkan, Breaks akan membuat halaman baru dengan pemisah diantara halaman sebelumnya.
  6. Klik menu Footer, caranya dengan klik dua kali pada bagian paling bawah halaman yang hendak disematkan.
  7. Masuk ke opsi 'Page Number'.
  8. Setelah itu, silahkan akses ke layanan 'Header and Footer'.
  9. Nomor halaman pun akan berkesinambungan hingga akhir.
  10. Untuk memisahnya, silahkan menuju ke halaman kedua dan buka menu footer di Header and Footer.
  11. Klik pembatalan opsi 'Link to Previous'.
  12. Hal tersebut dilakukan, agar efek footer tidak lagi berkesinambungan.
  13. Aturlah halaman satu di halaman kedua dengan cara masuk ke 'Header and Footer'.
  14. Ketuk opsi 'Format Page Number'.
  15. Pilihlah opsi 'Start At' dengan angka satu di halaman kedua.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat nomor halaman pertama di halaman kedua dengan bantuan Breaks pada Ms Word. Silahkan mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment