Pemprov Kalbar akan Buka Sekolah Filial Pertama di Desa Jaya Pelita Kubu Raya

2024-09-22 01:08:20
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pemprov Kalbar melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar, Rita Hastarita mengatakan, pada tahun ajaran baru pihaknya akan membentuk sekolah Filial atau jarak jauh.

Sekolah Filial ini akan diperuntukan, di wilayah sekolah yang berada di pedalaman dan wilayah terpencil, untuk memudahkan proses belajar dan mengajar pada peserta didik.

" Pola pembelajaran nantinya, akan menampung siswa minimal 5 orang, dan nanti guru yang datang ke sekolah induk untuk mengajar,"ungkap Rita, Selasa (28/11/2023).

Adapun bentuk pola pembelajaran, Rita menyampaikan, dapat dilakukan dengan tatap muka dan dilakukan secara daring (online).

"Sekolah formal seperti biasa, hanya saja kita tidak membangun unit sekolah yang baru nantinya menginduk saja," ujar Rita.

Rita menyampaikan, pelaksanaan sekolah filial atau jarak jauh, nantinya akan dilakukan di Desa Pelita Jaya Kab. Kubu Raya.

"Akan ada satu kelas Filial, dan untuk induk sekolahnya di SMAN 1 Kubu, akan menginduk ke sekolah yang terdekat," ungkapnya.

Rita mengatakan, pada penerimaan peserta didik yang baru, akan diformasikan disekolah pendukung atau sekolah terdekat.

"Anak-anak yang ingin lanjut sekolah nantinya, diarahkan ke sekolah Filial, sehingga tidak perlu jauh-jauh untuk mencari sekolah," ungkapnya. (Evi)***

Leave a comment