194 Anjing, Kucing dan Monyet di Bantai Terima Vaksin Rabies

2024-09-21 07:31:41
Disbunak Kabupaten Sanggau telah melakukan vaksinasi rabies kepada anjing, kucing dan monyet peliharaan masyarakat.

SANGGAU, insidepontianak.com -- Disbunak Kabupaten Sanggau telah melakukan vaksinasi rabies kepada anjing, kucing dan monyet peliharaan masyarakat.

Vaksinasi rabies kepada anjing, kucing dan monyet tersebut berada di Desa Bantai Kecamatan Bonti dengan total 194 hewan peliharaan yang telah disuntik vaksin rabies.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Disbunak Kabupaten Sanggau mengatakan, Tim vaksinasi Disbunak Kabupaten Sanggau telah melakukan vaksinasi rabies  pada Kamis 2 Mei 2024 di tiga Dusun yang ada di Desa Bantai Kecamatan Bonti yaitu Dusun Darok, Dusun Bantai dan Dusun Sum.

"Jumlah populasi hewan Anjing, Kucing dan Kera di Desa Bantai sekitar 330 ekor. Dari jumlah tersebut sebanyak 200 ekor atau sebesar 60,60 persen hewan di vaksin," kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Disbunak Kabupaten Sanggau Ambius Anton pada Jum'at (3/5) siang. 

Ditegaskannya, angka tersebut termasuk tinggi dan dapat diartikan bawa tingkat kesadaran masyarakat cukup baik dalam menjaga hewan kesayangannya agar tetap sehat dan terhindar dari ancaman penyakit terutama penyakit rabies.

"Masih terdapat beberapa masyarakat yg menolak hewan divaksin. Hewan lepas liar dan sulit dikendalikan pemilik. Pemilik hewan tidak berada ditempat sehingga hewan tidak dapat divaksin," ujar Anto sapaan akrabnya menjelaskan 

Ditambahkannya kendala proses vaksinasi di beberapa kecamatan hingga 5 kasus.

"Kasus gigitan hewan penular rabies (HPR)  di Dusun Darok, Desa Bantai, Kecamatan Bonti sampai dengan bulan April 2024 sebanyak 5 kasus," urainya.

Adapun rincian hewan peliharaan yang berhasil di vaksin dan tidak dapat divaksin sebagai berikut; Dusun Darok, Anjing populasi 154 ekor tervaksin 67 ekor, Kucing populasi 8 ekor  tervaksin 8 ekor dan monyet populasi 2 ekor tervaksin 2 ekor. 

Dusun bantai, Anjing populasi 62 ekor tervaksin 40 ekor. Dusun Sum, Anjing populasi 102 ekor tervaksin 75 ekor, Kucing populasi 2 ekor tervaksin 2 ekor. (ans)

Leave a comment