Komisi I DPRD Kalbar Harap Anggaran Diskominfo dan Kesbangpol Ditingkatkan

2024-09-21 02:33:14
Angeline Fremalco/ist

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ketua Komisi I DPRD Kalbar, Angeline Fremalco mendorong Pemerintah Provinsi meningkatkan anggaran Diskomkinfo dan Kesbangpol Provinsi Kalbar. Sebab,  anggaran di dua dinas tersebut dinilai minim, dan berdampak pada hasil kerja mereka yang belum optimal. 

"Kami agak menyoroti beberapa mitra Komisi I seperti Diskomkinfo dan Kesbangpol yang belum maksimal anggarannya sehingga kinerja mereka tak terlalu maksimal," 

Karena itulah, dia mendorong agar pemerintah melakukan peningkatan anggaran ke dua OPD tersebut, sehingga tak ada kesan ada OPD basah dan OPD kering. Dengan cara itu, diyakini kinerja kedua OPD bakal optimal. 

"Mudah-mudahan kedepan beberapa OPD yang stag anggarannya kedepan kita berharap bisa ditingkatkan dan kinerjanya bisa lebih maksimal," harapnya. 

Namun demikian, peningkatan anggaran ini diharapkan sesuai kemampuan Pemerintah Provinsi. Semuanya diyakini akan tergantung Gubernur terpilih kedepan. 

"Peningkatan anggaran ini tentu tergantung Gubernur yang terpilih lima tahun kedepan, seberapa besar niatnya atau political will-ya untuk melakukan pemerataan anggaran," terangnya. 

Namun, demikian Anggel menilai anggaran bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan kinerja OPD tak maksimal. Bisa juga karena kinerja. 

"Makanya kita mendorong agar mereka disiplin menjalankan tugas. Tapi, tak bisa kita pungkiri anggara merupakan faktor utama yang dapat kita ukur kinerjanya bisa maksimal," terangnya. 

Angel pun menyebut, pengawasan kinerja  OPD terus dilakukan dengan melaksanakan rapat-rapat kerja. (Andi)

Leave a comment