Pemdes Sungai Kakap Ingin Bangun BUMDes Segmen Pariwisata dan Kerajinan Masyarakat

2024-09-20 17:01:39
Kepala Desa Sungai Kakap, Syarif Said. (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pemerintah Desa Sungai Kakap, berkomitmen membangun Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes yang berkembang dan memberi kesejahteraan masyarakat.

Segmen BUMDes yang bakal dibangun adalah potensi pariwisata, dan kerajinan tangan masyarakat yang memiliki nilai ekonomi.

Kepala Desa Sungai Kakap, Syarif Said Ibrahim mengungkapkan, BUMDes-nya sudah terbentuk dengan segmen usaha sembako. Namun, tata kelolanya belum baik, sehingga dianggap belum berhasil.

"Karena itu kita mendorong perubahan susunan kepengurusan yang baru dan pemerintah desa bakal mendukung," kata Syarif Said, Senin (27/5/2024).

Ia pun optimis, segmen usaha BUMDes sektor pariwisata, kerajinan masyarakat dan sektor-sektor usaha rumah tangga, seperti pengelolahan ikan asin punya peluang bisnis yang lebih bagus.

Apalagi, sumber daya alam di Desa Sungai Kakap dengan kondisi wilayah pesisisir laut, sangat mendukung.

Hasil perikanan melimpah. Sehingga potensi ini sangat rasional untuk digarap oleh BUMDes. Terutama produksi ikan asin, yang permintaanya cukup tinggi.

"Permintaan datang dari Kota Pontianak, mereka datang dari Pontianak langsung membeli," ucapnya.

Karena itu, dia yakin dengan segmen tersebut bisa dikelola BUMDes dan dapat berkembang dengan harapan bisa memberi kesejahteraan masyarakat.***

Leave a comment