Jelang Idul Adha 2024, Hewan Qurban di Sanggau Mulai Diperiksa Disbunak

2024-09-20 16:46:29
Jelang hari raya idul adha 2024, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Sanggau mulai lakukan pemantauan dan pemeriksaan kepada hewan qurban di sejumlah Kecamatan.

SANGGAU, insidepontianak.com -- Jelang hari raya idul adha 2024, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Sanggau mulai lakukan pemantauan dan pemeriksaan kepada hewan qurban di sejumlah Kecamatan. 

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Disbunak Kabupaten Sanggau, Ambius Anton menyampaikan, pemantauan dan pemeriksaan telah dilakuakan di Kecamatan Kapuas dan Kecamatan Tayan Hilir. 

Di Kecamatan Kapuas ada 199 ekor Sapi dan 27 Kambing kemudian di Tayan Hilir ada 16 ekor Sapi.

"Total 242 ekor hewan qurban, itu data sementara yang sudah kita lakukan pemantauan," kata Anton saat ditemui di kantornya pada Senin (27/5/2024).

Anton mengatakan pihaknya melakukan pemantauan dan pemeriksaan kepada hewan qurban secara ketat. Untuk hewan qurban yang telah dipantau dan periksa itu semuanya dinyatakan layak dan secara klinis dipastikan sehat.

"Pemeriksaan kita lakukan dengan ketat, karena ini berkaitan dengan syariah jadi kita harus benar-benar dari segi teknisnya, umur, kelayakan dan kesehatan hewannya," ucapnya.

"Biasanya H-7 idul adha kita beri label untuk hewan ternak yang sehat tadi," tambahnya.

Anton memastikan pihaknya akan mamasifkan pemeriksaan dan pemantauan hewan qurban di seluruh kecamatan. Gunanya untuk memastikan hewan qurban yang akan disembelih pada idul adha itu betul-betul aman dari penyakit dan layak dikonsumsi masyarakat. (ans)

Leave a comment