PLN Edukasi Masyarakat Desa Laman Mumbung Melawi agar Gunakan Listrik dengan Benar

2024-09-20 09:42:49
Masyarakat Desa Lamam Mumbung, Kecamatan Menukung, Kabupaten Melawi, antusias mengikuti sosialisasi penggunaan listrik aman dan produktif yang digelar PLN UP3 Sanggau dan PLN UP2K Kapuas Raya, Rabu (29/5/2024). (Istimewa)

MELAWI, insidepontianak.com - PLN UP3 Sanggau bersama PLN UP2K Kapuas Raya sosialisasi kelistrikan di Kantor Desa Laman Mumbung, Kecamatan Menukung, Kabupaten Melawi, Rabu (29/5/2024).

Sosialisasi ini antusias diikuti masyarakat desa setempat. Bertujuan memberikan pemahaman tentang penggunaan listrik yang aman dan benar.

Sebab, jika listrik digunakan sembarangan, justru bisa membahayakan. Kesalahan dalam menggunakan listrik bisa menyebabkan korsleting dan berakibat fatal, hingga memicu kebakaran.  

“Karena itu, untuk memberikan pemhamanan dalam menggunakan listrik yang benar, sudah menjadi tanggungjawab PLN untuk melindungi pelanggan dan masyarakat,” kata Ramli, Manajer PLN UP3 Sanggau.

Menurutnya, kecelakaan akibat penggunaan listrik yang salah, bisa terjadi kapan saja. Karena itu, ancaman-ancaman ini harus dicegah. Caranya, harus paham bagaimana menggunakan listrik yang aman.

Di kesempatam sosialisasi ini, tak lupa disampaikan program PLN yang akan membangun jaringan listrik di beberapa desa di Kecamatan Menukung.

Karena itu, masyarakat diminta mendukung program ini. Setidaknya, bersedia dan rela tanam tumbuhnya dipangkas, untuk kepentingan pembangunan jaringan kistrik.

Selain itu, masyarakat juga diimbau, menjaga infrastruktur sistem kelistrikan yang telah dibangun PLN, dengan cara tidak menanam pohon di area jaringan listrik.

“Jarak aman tanam tumbuh dari jaringan listrik adalah 5 meter untuk kiri dan kanan jaringa,” terang Ramli.

Camat Menukung yang diwakili oleh Kepala Seksi P3U Petrus Gideon menyampaikan terima kasih kepada PLN yang sudah masuk ke desa memberikan pengetahuan kepada masyarakat agar menggunakan listrik dengan benar.

Sosialisasi kelistrikan ini diharapkan benar-benar mengedukasi masyarakat, sehingga penggunaan listrik dilakukan dengan benar, efektif dan efesien.

“Sosialisasi memang sudah kami tunggu-tunggu, untuk mencerahkan masyarakat. Kami berharap PLN terus melanjutkan program listrik desa,” tutur Petrus.

Ketua BPD Desa Laman Mumbung, Lorensius Limin menambahkan, sangat mendukung program listrik desa yang kini tengah gencar dilakukan PLN.

Program ini memang sudah lama dinantikan. Agar listrik negara bisa dirasakan secara merata oleh seluruh masyarakat.***

Leave a comment