Pemkab Kubu Raya Sambut Baik Rencana Pembangunan SUTT 150 kV Ambawang – Incomer Siantan Tayan

2024-09-20 04:54:54
Sekretaris Daerah Yusran Anizam saat menghadiri acara Persiapan Penetapan Lokasi untuk pembangunan SUTT 150 kV Ambawang Incomer Siantan, di aula Kantor Bupati Kubu Raya.

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Akan membangun transmisi Saluran Udara Tengangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt lintasan Ambawang Incomer Siantan Tayan, Pemkab Kubu Raya menyambut baik dan mendukung penuh atas perencanaan PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB).

Hal itu ditegaskan Sekretaris Daerah Yusran Anizam saat menghadiri acara Persiapan Penetapan Lokasi untuk pembangunan SUTT 150 kV Ambawang Incomer Siantan, di aula Kantor Bupati Kubu Raya. 

Yusran mengatakan Pemkab Kubu Raya siap menampung dan mendukung penuh program dan kegiatan yang akan dilakukan pihak PLN terkait dengan pembangunan transmisi energi listrik. 

Pihaknya menyadari bahwa kebutuhan akan energi listrik di Kalbar umumnya dan Kubu Raya khususnya sangat penting, banyak pihak terutama investor mempertimbangkan utamanya terkait ketersediaan listrik. 

"Oleh karenanya semua pihak harus mendukung dan menyukseskan Proyek Strategis Nasional (PSN) ini, yaitu jaringan listrik yang akan di bangun oleh PLN," ujarnya. 

Yusran menambahkan, tahapan awal sudah di jalankan, yaitu tahapan perencanaan pembangunan SUTT 150 kV lintasan Ambawang Incomer Siantan Tayan. 

Kembali ditegaskannya bahwa tahapan persiapan yaitu perencanaan sudah selesai dilakukan dan sudah diverifikasi dan sekarang dilanjutkan ke tahapan persiapan dalam rangka proses perizinan penetapan lokasi. 

Sekda yakin dan optimis, tim verifikasi sudah melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Iapun berharap tidak ada lagi pihak-pihak yang mempermasalahkan dan memperdebatkan terkait rencana pembangunan ini. 

"Kalaupun ada yang masih mempermasalahkan, tentu harus melalui prosedur hukum yang berlaku, bukan melalui media sosial.” imbuh Yusran. 

Manager Perizinan dan Komunikasi, Mochammad Harry Febriandono menyampaikan terkait dengan rencana pengembangan sistem kelistrikan yang ada wilayah Kabupaten Kubu Raya.

Selaras dengan apa yang disampaikan bapak Sekda, rencana pembangunan SUTT 150 kV bertujuan untuk meningkatkan kehandalan suplai energi listrik untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat khususnya di Kabupaten Kubu Raya. 

"Untuk itu PT PLN (Persero) UIP KLB melalui Unit Pelaksana Proyek Kalimantan Bagian Barat 1 (UPP KLB 1), akan melaksanakan pembangunan SUTT 150 kV Ambawang Incomer Siantan Tayan yang terdiri 13 Tower yang melintasi 2 Desa di Kecamatan Ambawang," terang Harry. 

Terpisah, PLH General Manager UIP KLB, Dicky Saputra mengungkapkan, melalui tahapan ini artinya target PT PLN (Persero) dalam menyediakan listrik andal dan menyeluruh bagi masyarakat Kubu Raya melalui pengembangan transmisi SUTT 150 kV Ambawang Incomer Siantan Tayan sudah berada di depan mata. 

Untuk itu, kolaborasi dengan berbagai jajaran stakeholder akan selalu diperhatikan dan ditingkatkan oleh timnya. 

"Pendampingan dan bantuan dalam bentuk dukungan dalam kesuksesan Proyek Strategis Nasional ini sangat kami butuhkan. Sinergi lintas sektor merupakan upaya mencegah terjadinya konflik di masyarakat dan memastikan pelaksanaan setiap pembangunan dan pengembangan berjalan lancer," ucap Dicky. 

PLN UIP KLB mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, semoga dengan kolaborasi ini pihaknya dapat melaksanakan tahapan-tahapan selanjutnya.

"Sehingga target yang diamanahkan kepada kami dapat diselesaikan dengan baik demi terwujudnya Kubu Raya Menanjak," pungkasnya. 

Turut hadir pada acara ini, Asisten 1 Bupati Kubu Raya, Kepala Pengadilan Negeri Mempawah, Kepala Seksi Pengadaan Tanah dan Pengembangan Kantor Pertanahan Kabupaten Kubu Raya, Camat Sungai Ambawang, Kapolsek Sungai Ambawang, Koramil Sungai Ambawang, Pemerintah Desa Sungai Ambawang Kuala dan Desa Durian serta dari pihak PLN UIP KLB dan PLN UPP KLB. ***

Leave a comment