PJ Gubernur Kalbar Kukuhkan Kaper BKKBN Harap Wujudkan Masyarakat Sejahtera

2024-09-25 23:23:16
Pj Gubernur Kalbar Harisson saat mengkukuhkan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat Victor Palimbong di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat

PONTIANAK, insidepontianak.com - Bahwa perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga tidak hanya berdimensi lokal maupun nasional tetapi juga internasional.

"Ini adalah bagian integral dari pembangunan budaya, sosial, dan ekonomi," ungkap Pj Gubernur Kalbar Harisson saat mengkukuhkan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat Victor Palimbong di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Rabu (25/9/2024).

Dirinya yakin Kalimantan Barat dibawah pimpinan dr Victor ini pasti beres (Semakin Baik).

Atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat ia menyampaikan ucapan selamat kepada saudara Victor Palimbong yang telah dilantik sebagai Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat pada 6 September 2024 yang lalu.

"Kami berharap dapat menjalankan amanah dan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam membangun Provinsi Kalimantan Barat yang kita cintai ini," harap Pj Gubernur Harisson.

Menurutnya, dalam mengemban tugas baru ini, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat pastinya telah menyiapkan sejumlah strategi, terutama pembangunan kependudukan dan keluarga menjadi fokus utama.

Seperti diketahui Provinsi Kalimantan Barat memiliki sumber daya alam yang melimpah, perencanaan sudah sepatutnya didasarkan pada demografi Kalimantan Barat dan harus menguntungkan seluruh penduduk.

"Kita juga mengakui Kita berharap saudara dr. Victor Palimbong akan memimpin dengan visi yang holistik, memastikan kesejahteraan masyarakat baik secara fisik maupun non fisik termasuk aspek spiritual," pintanya.

Orang nomor satu di Kalimantan Barat mengungkapkan bahwa saat ini stunting dan usia pernikahan dini di Kalimantan Barat masih menjadi permasalahan.

Menjadi tantangan bersama untuk menurunkan angka stunting dan pernikahan dini, juga perlu kerja keras, ini tantangan.

Tak hanya itu narkoba juga menjadi tantangan. Ini kondisi - kondisi sosial yang harus kita hadapi bersama, apalagi kita menyiapkan generasi saat ini untuk siap menghadapi Indonesia emas tahun 2045.

"Untuk itu ketahanan keluarga menjadi sangat penting dan tidak hanya sebatas retorika tapi memang kita perlu turun bersama-sama," tegasnya.

Ditempat yang sama, Deputi Bidang Pelatihan dan Pengembangan BKKBN, Ukik Kusuma Kurniawan berharap Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat yang baru saja dikukuhkan bisa meningkatkan performanya.

Dengan tetap semangat, percaya dan yakin bahwa mengatasi permasalahan dalam penanganan Stunting dan pencapaian target Program Bangga Kencana dengan sebaik-baiknya.

Ia berharap Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat yang hari ini dikukuhkan agar segera menyesuaikan diri dengan tugas dan fungsi yang baru serta bersama-sama dengan seluruh jajaran untuk menciptakan strategi dalam meningkatkan indeks Reformasi Birokrasi serta melaksanakan setiap program kerja sesuai perencanaan yang telah dibuat dengan efektif dan efisien.

"Sehingga secara langsung dapat memberikan manfaat nyata bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya di Provinsi Kalimantan Barat, Mengarahkan seluruh pegawai untuk memahami konsep skala prioritas di tahun 2024," terangnya.

Tak hanya itu, di dalam mengemban tugas sebagai Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Ukik Kusuma juga meminta untuk memfokuskan tenaga, pikiran, kegiatan dan anggaran untuk memastikan seluruh kegiatan dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan output yang maksimal dengan melaksanakan pengelolaan keuangan secara transparan dan akuntabel.

Dengan pengukuhan dr. Victor Palimbong sebagai Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, diharapkan akan terjalin sinergi yang kuat antara BKKBN dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam mengatasi berbagai tantangan kependudukan dan keluarga.

Fokusnya kepada penurunan angka stunting, pencegahan pernikahan dini, serta peningkatan ketahanan keluarga menjadi prioritas utama dalam mewujudkan masyarakat Kalimantan Barat yang sejahtera.

Melalui kepemimpinan yang visioner dan kerjasama yang erat dengan berbagai pihak, BKKBN Kalimantan Barat diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mempersiapkan generasi unggul menuju Indonesia Emas 2045, sekaligus meningkatkan kualitas hidup seluruh lapisan masyarakat di Bumi Khatulistiwa. ***

Leave a comment