Untan Kirim Dosen dan Mahasiswa Ikuti International Conference Doctoral Colloquium di Unand Padang

2024-09-29 22:21:59
Pj Ketua TP PKK Kalbar Windy Prihastari Harisson

PADANG, insidepontianak.com – Pada kegiatan yang mengusung tema “Managing Sustainable Business and Resilience Strategies in the Digital Era”, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Untan mengirimkan 5 dosen dan 5 mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Manajemen.

Agenda tersebut dihadiri oleh akademisi, serta praktisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, dan luar negeri.

Pj Ketua TP PKK Kalbar Windy Prihastari Harisson, yang saat ini tengah menempuh Program Studi Doktor Ilmu Manajemen (S3) di FEB, Universitas Tanjungpura mengikuti International Conference Doctoral Colloquium (ICDC) di FEB, Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Bara.

Windy yang merupakan salah satu peserta utusan Universitas Tanjungpura mengungkapkan, keikutsertaannya dalam kolokium tersebut, adalah untuk memulai tahapan disertasi. Dengan mengikuti ICDC, dirinya memperoleh tambahan wawasan dan pengalaman.

“Kalau di Pontianak (Untan) kami kan hanya diuji oleh dosen internal, sementara dengan mengikuti ICDC ini, kami diuji oleh dosen-dosen dari luar, sehingga bisa mendapatkan wawasan yang lebih,” ungkap Windy.

Ketua Program Studi Doktor Ilmu Manajemen FEB, Untan, Maria Christiana Kalis mengungkapkan, ICDC sendiri merupakan acara tahunan yang diadakan Aliansi Program Doktor Manajemen Indonesia (APDMI). Dimana untuk tahun ini, FEB, Unand Padang yang menjadi tuan rumahnya.

“Kami FEB, Untan sendiri juga memiliki Program Studi Doktor Ilmu Manajemen, yang artinya juga merupakan anggota dari APDMI," jelasnya. 

Tujuan dari ICDC menurutnya adalah memfasilitasi para mahasiswa yang akan memulai tahapan penulisan disertasi untuk program doktor manajemen yang sedang dijalani. 

Untuk pelaksanaan ICDC di Unand Padang sendiri, pihaknya mengirimkan lima dosen, dan lima mahasiswa yang telah memulai tahapan disertasi berupa kolokium.

Lima dosen tersebut bertugas sebagai reviewer atau tim penilai untuk karya tulis ilmiah berupa paper, makalah, atau artikel yang dibawakan oleh mahasiswa, Kolokium kan bagian dari tahapan penulisan disertasi.

Sehingga di dalam peraturan dan pedoman, kami selalu mengarahkan kepada mahasiswa untuk mengikuti event yang diselenggarakan oleh APDMI. Dengan keikutsertaan (keanggotaan) di APDMI, FEB, Untan memang wajib mengirimkan mahasiswa program doktor manajemen mengikuti ICDC setiap tahunnya,” tutur Maria Christina Kalis.

Keikutsertaan Windy Prihastari dan delegasi FEB Untan lainnya dalam ICDC 2024 di Unand Padang merupakan langkah penting dalam pengembangan akademik dan penulisan disertasi. 

Melalui forum internasional ini, para peserta tidak hanya mendapat kesempatan untuk mempresentasikan karya ilmiah mereka, tetapi juga memperoleh masukan berharga dari para ahli lintas institusi. 

Kolaborasi antar perguruan tinggi dalam APDMI ini diharapkan dapat terus mendorong peningkatan kualitas pendidikan doktoral di bidang manajemen di Indonesia, sekaligus memperluas jejaring akademik yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan di era digital. ***

Leave a comment