Antisipasi Karhutla, Polres Ketapang Gelar Apel Gabungan dan Patroli

2024-09-20 05:10:23
Kapolres Ketapang melakukan patroli titik api bersama Kodim 1203 Ketapang, BPBD Ketapang, Manggala Agni, serta Masyarakat Sadar Api Desa Pelang dan Desa Sungai Besar.

KETAPANG, insidepontianak.com - Antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Ketapang, Polres Ketapang menggelar apel gabungan serta patroli titik api bersama Kodim 1203 Ketapang, BPBD Ketapang, Manggala Agni, serta Masyarakat Sadar Api Desa Pelang dan Desa Sungai Besar, Selasa (17/09/2024) Pukul 13.00 Wib.

Apel gabungan yang dipimpin oleh Kapolres Ketapang AKBP Tommy ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh elemen dalam menghadapi musim kemarau yang rawan memicu munculnya titik api di Kabupaten Ketapang

Melalui  sambutannya, Kapolres Ketapang menekankan pentingnya sinergi dan koordinasi antara instansi terkait untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang dapat merugikan masyarakat serta lingkungan.

 “ Kami berharap apel gabungan serta patroli bersama ini dapat mendeteksi lebih awal dan segera memadamkan titik api sebelum meluas. Semua personel diminta untuk tetap waspada dan cepat tanggap dalam penanganan kebakaran," ujarnya.

Setelah apel, personel gabungan melakukan patroli di beberapa titik rawan kebakaran, terutama di wilayah lahan gambut di Desa Pelang dan Desa Sungai Besar, yang sering timbul titik api saat kemarau panjang. Patroli ini juga melibatkan masyarakat, dengan memberikan edukasi terkait bahaya pembakaran lahan serta pentingnya menjaga lingkungan agar tetap aman dari kebakaran.

Selain patroli, Polres Ketapang juga menyiagakan posko-posko pemantauan karhutla di beberapa daerah yang rawan kebakaran, dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran dan tenaga personil yang siap siaga untuk melakukan tindakan cepat jika ditemukan titik api.

Dengan langkah ini, Polres Ketapang berharap dapat menekan angka kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya serta menjaga keselamatan dan kesehatan warga dari dampak buruk kabut asap yang sering terjadi akibat karhutla. (Fauzi)

Leave a comment