PLN Gercep Pulihkan Kelistrikan Pasca-bencana Puting Beliung Menerjang Semudun Mempawah

2024-09-20 07:40:40
Ilustrasi

MEMPAWAH, insidepontianak.com - Bencana angin puting beliung yang menerjang wilayah Desa Semudun, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, tak hanya memporak-porandakan rumah warga. Tetapi, sejumlah fasilitas jaringan listrik PLN juga rusak.

Tercatat, sebanyak tiga tiang listrik tumbang. Menyebabkan, 25 unit gardu distribusi terganggu. Selain itu, ada 9 gawang kabel SUTM juga melorot.

Akibatnya, terjadi pemadaman total di beberapa wilayah Kecamatan Sungai Kunyit. Sebagaimana diketahui, bencana angin puting beliung itu terjadi sekitar pukul 13.28 WIB, Senin (7/8/2023).

Pasca-kejadian, petugas PLN bergerak cepat atau gercep melakukan penanganan, untuk memulihkan kondisi kelistrikan di wilayah ini.

"Petugas PLN bergerak cepat dan segera lakukan evakuasi serta meperbaiki jaringan listrik yang tumbang agar dapat segera menormalkan kembali pasokan listrik," Kata General Manager PLN UID Kalbar, Wahyu Jatmiko.

Menurutnya, beberapa lokasi yang terdampak padam akibat bencana angin puting beliung ini antara lain, Daerah Semudun, Parit Raden, Jalan Raya Mendalok, Jalan Sungai Dungun, Sungai Limau, dan sekitarnya.

"Sesaat setelah kejadian padam, petugas kami segera melakukan pengalihan aliran listrik ke penyulang lain yang aman. Sehingga sebagian rumah warga dapat segera menikmati listrik," tutur Jatmiko.

Beberapa upaya perbaikan yang dilakukan oleh petugas PLN antara lain, pekerjaan potong jumper jaringan tegangan menengah ke penyulang Unicoco untuk mengurangi jumlah lokasi padam.

Kemudian, melakukan penggantian tiang tumbang dan memperbaiki tiang miring, memperbaiki kabel jaringan tegangan rendah dan kabel sambungan rumah, yang terlepas dari tiang, serta melakukan penormalan gardu distribusi yang terdampak padam.

Bahkan, hingga berita ini diturunkan petugas PLN masih terus melakukan perbaikan jaringan listrik yang rusak, serta melakukan penormalan aliran listrik secara bertahap.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan tetap waspada saat cuaca buruk agar terhindar dari bahaya sengatan listrik," pesan Jatmiko.

Ia meminta masyarakat yang melihat atau menemukan potensi terjadinya gangguan listrik dapat dilaporkan lewat aplikasi PLN Mobile atau lewat Contact Center PLN 123.***

Leave a comment