Sebanyak 4 Desa di Kabupaten Mempawah ikuti Pelatihan Masyarakat Peduli Api

2024-09-20 04:35:33
Pelatihan untuk Masyarakat Peduli Api (MPA) dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan

MEMPAWAH, insidepontianak.com - Melibatkan UPT KPH Wilayah Kabupaten Mempawah, BPBD Kabupaten Mempawah, GRID, dan Manggala Agni, pelatihan untuk Masyarakat Peduli Api (MPA) dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan digelar.

Salah satu Perwakilan Perempuan MPA Desa Sungai Rasau, Siti Wadariah menyampaikan selama kegiatan ia mendapat ilmu yang banyak sekali dari cara pembentukan tim.

Seperti cara memadamkan api, cara memegang selangnya seperti tadi ada alat yang belum diketahui namanya, jadi  pelatihan bergabung dengan Desa Sungai Bakau Besar Darat, Galang, dan Desa Parit Banjar.

"Saya juga melihat antusias masyarakat dalam mengikuti pelatihan untuk MPA ini. Ilmu yang saya dapat ini penting sekali, jadi sangat bermanfaat sekali buat kami terutama saya sebagai ibu yang baru memegang selang ternyata ada tekniknya secara benar,” ucapnya.

Menurutnya peran ibu-ibu sangat penting mendukung kegiatan, karena logika tidak seperti perempuan.

"Seperti dalam rumah tangga jadi para pria harus ada yang mengingatkan, kalo tidak ada perempuan rasanya tidak lengkap dalam pekerjaan apapun itu,” kata Perempuan MPA Desa Sungai Rasau tersebut.

Hermawansyah yang hadir atas nama Gemawan menyampaikan inisiatif Gemawan ingin mendorong selain partisipasi masyarakat ditingkat desa atas dukungan Pemerintah Desa.

"Bagaimana MPA yang punya kapasitas yang sedang didorong adalah kerjasama antar desa misalnya yang satu hamparan sehingga ketika terjadi potensi kebakaran di satu desa, desa yang lain juga sudah mengantisipasi,” kata Wawan sapaan akrab Hermawansyah.

Kedua adalah dukungan dari Pemerintah Kabupaten yang coba dibawa ke tingkat kabupaten hasil pembelajaran dan kegiatan dilapangan ini.

Sehingga antara para pihak paling tidak mengetahui porsi katakanlah perannya masing-masing agar ada pembagian tanggung jawab.

"Bagaimana desa, pemerintah desa, katakanlah untuk memfungsikan MPA itu sebagai lembaga desa yang kuat, tangguh, sehingga mampu merespon potensi terjadinya kebakaran," urainya.

Gemawan kembali menyarasar kegiatan di Desa Sungai Bakau Besar Darat, Desa Galang, Desa Parit Banjar, dan Desa Sungai Rasau

Pelatihan yang di Prakarsai Gemawan ini berlangsung di Desa Sungai Bakau Besar Darat, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah.

Kegiatan MPA tersebut, untuk memberikan pemahaman kepada peserta pelatihan mengenai kriteria dan karakteristik masyarakat yang peduli terhadap kebakaran hutan.

Pelatihan MPA juga perlu melibatkan pendekatan yang partisipatif dan menyeluruh. ***

Leave a comment