PJ Bupati Mempawah Ajak Perangi TBC, Ismail: Semua Harus Bergerak

2024-09-30 20:19:52
wanita batuk/istockphoto.com

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Pj Bupati Mempawah Ismail, berharap semua pihak bisa bersinergi untuk penanggulangan Tuberkolosis (TB), terutama di Kabupaten Mempawah.

“Faktanya TBC ini merupakan salah satu penyebab utama kesakitan dan kematian di dunia,” katanya saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan TBC Kabupaten Mempawah Tahun 2024, di Wisata Nusantara Resort, Kamis lalu.

Ismail memaparkan, dalam data WHO mencatat  Indonesia berada di peringkat ke-2 dunia sebagai penyumbang penderita TBC sebanyak setelah India, dengan estimasi insiden sebesar 1.060.000 kasus atau 385 per 100.000 penduduk.

Sementara di Kabupaten Mempawah angka TBC masih tinggi. Ini menjadi Upaya Bersama agar TBC ini bisa ditekan dengan Upaya komprehensif.

“Di kita TBC masih cukup tinggi dan ini membutuhkan langkah-langkah strategis yang lebih terintegrasi dan kolaboratif. Kita tak bisa kerja sendiri,” terangnya.

Dengan adanya rapat koordinasi ini pembahasan dan penanggulangan TBC di Kabupaten Mempawah bisa maksimal.

“Dalam rapat ini nantinya pastinya akan membahas berbagai upaya untuk meningkatkan efektivitas pencegahan, deteksi dini, pengobatan, serta pemberdayaan masyarakat melawan TBC,” katanya lagi.

Rakor Penanggulangan Penyakit Menular Tuberkolosis ini diharapkan semua pihak dapat bekerja sama dalam penanggulangan TBC, sehingga Kabupaten Mempawah yang bebas dari penyakit menular tersebut,” tutupnya.(RED)

Leave a comment