Kerap Dikaitkan dengan Arahan Dukungan Capres Tertentu, Presiden Jokowi: Saya Bukan Pak Lurah, Saya Presiden

2024-09-20 13:57:09
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Presiden Joko Widodo merespon namanya yang kerap dikaitkan dengan dukungan kepada salah satu Calon Presiden di Pilpres 2024.

Partai politik pun selalu mengaitkan namanya ketika ditanya soal keputusan partai politik menentukan Capres dan Cawapres.

Jokowi mengatakan, memasuki tahun politik saat ini suasana sudah hangat kuku, dan sedang tren di kalangan parpol dan politisi setiap ditanya Capres dan Cawapres, jawabannya belum ada arahan Pak Lurah. Belakangan ia pun tahu Pak Lurah itu kode, dan yang dimaksud Pak Lurah itu dirinya.

"Saya jawab saja, saya bukan lurah saya adalah Presiden Republik Indonesia," tegas Joko Widodo saat pidato dalam sidang tahunan MPR dan pidato kenegaraan Presiden, Rabu (16/8/2023).

Jokowi juga menegaskan dia bukanlah ketua partai politik, bukan koalisi partai dan sesuai ketentuan Undang-Undang yang menentukan Capres Cawapres adalah parpol dan koalisi partai politik.

"Jadi saya ingin mengatakan ini bukan kewenangan Pak Lurah. Walau saya paham ini sudah menjadi nasib Presiden untuk dijadikan alibi dan tameng," katanya.

Tak hanya itu saja, ia juga kerap melihat fotonya dipasang di mana-mana dengan salah satu Capres tertentu. Walau saat ini masa kampanye belum dimulai.

"Saya harus ngomong apa adanya. Saya pergi Provinsi A ada, ke Kabupaten C ada dan sampai ke tikungan desa ada juga," pungkasnya. (Andi)***

Leave a comment