Mahasiswi FEB UNISMA Ikuti Program  Student Exchange ke NPTU Taiwan 2024

2024-09-20 10:52:06
Dua mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Lutfia Fatma Ningrum dan Berliana Imandari Putri semester 2023/2024 mendapat kesempatan pertukaran mahasiswa ke National Pingtung University (NPTU) Taiwan

MALANG, insidepontianak.com - Dua mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas  Islam Malang semester 2023/2024, Lutfia Fatma Ningrum (Prodi Perbanan Syariah) dan Berliana Imandari Putri (Prodi Manajemen) mendapat kesempatan mengikuti pertukaran mahasiswa ke National Pingtung University (NPTU) Taiwan melalui program International Outbound Mobility Program.

International Outbound Mobility Program merupakan salah satu program yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang untuk menyediakan akses pertukaran mahasiswa FEB UNISMA ke kampus global yang ada dibelahan dunia.

Program ini merupakan wujud UNAIR dalam memfasilitasi mahasiswanya berkembang tidak hanya didalam negeri, namun juga di luar negeri.

"Ini menjadi langkah awal bagi kita untuk dapat menemukan banyak pengalaman berharga selama mengikuti exchange, salah satunya yaitu menjadi volunteer untuk pelajar  dan masyarakat  nelayan melalui pembelajaran Bahasa Inggris," ungkapnya.

Pada program pertukaran mahasiswa kali ini, Lutfia dan Berliana  memilih mata kuliah financial technology, corporate governnace , international merger dan acquisition, journalistic, analisis case business ethics Bahasa mandarin, culture.  

Selain proses belajar mengajar yang didapatkan dalam program exchange ini,  lutifia dan Berliana juga mendapatkan pelayanan yang sangat baik dari kampus tujuan. Dalam hal ini yaitu memfasilitasi mahasiswa internasional dalam mengeksplor Taiwan mulai dari tempat hingga budayanya. 

“Di kampus aku khususnya bagian international office, sangat mengayomi international studentnya. Kita jalan-jalan gratis di sekitar  Kaohshiung pakai bus kota. Disana kita outdoor activity sambil mengenal budaya-budaya Taiwan. Disana kita juga suka bikin kerajinan-kerajinan tangan,” ungkapnya

Lutfia mengungkapkan bahwa dirinya mendapatkan kesempatan berharga mengikuti cultural exchange yang juga diikuti oleh mahasiswa internasional  lainnya.

Dalam hal ini ia bersama rekannya  mendapatkan kesempatan untuk mengenalkan budaya Indonesia ke mahasiswa negara lain yang juga mengikuti program yang sama. Selain itu Ia mengaplikasikan kemampuan Bahasa Inggrisnya ke pelajar SMA dan para nelayan.

“ Untuk melaksankan kegiatan ini ia membuka kelas bahasa Inggris secara langsung di Masjid An-nur Donggang, memfokuskan pengajaran pada frasa dasar yang berguna dalam kehidupan sehari-hari, sehingga para nelayan yang mayoritas hanya memiliki pemahaman dasar tentang bahasa Inggris dapat lebih mudah berkomunikasi," tuturnya.

Diakui Lutfia, Inisiatif ini tidak hanya memberikan manfaat akademis bagi para mahasiswa, tetapi juga sebagai solusi nyata untuk mengatasi keterbatasan komunikasi internasional yang dihadapi oleh para nelayan.

Peningkatan kemampuan bahasa Inggris ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing nelayan Indonesia di Taiwan. 

Diakuinya, Keputusan mahasiswa untuk terlibat dalam inisiatif ini mencerminkan komitmen untuk memberikan dampak positif pada komunitas dan menggali potensi pengembangan diri.

Dijelaskannya lebih lanjut, program ini terdiri dari beberapa tahapan penting, termasuk penilaian awal keterampilan bahasa Inggris para nelayan melalui uji lisan untuk mengetahui tingkat pemahaman mereka, serta evaluasi efektivitas program melalui survei atau wawancara dengan para peserta untuk mengidentifikasi area yang perlu perbaikan dan memperbaiki pendekatan pengajaran.

"Mahasiswa juga berkoordinasi dengan pengurus Masjid An-nur Donggang untuk mendapatkan dukungan logistik dan fasilitas yang diperlukan untuk melaksanakan kelas bahasa Inggris. Para nelayan dilibatkan secara aktif dalam pengembangan program, mendengarkan masukan mereka, dan menjelaskan manfaat dari kegiatan pengajaran ini," ungkapnya.

Inisiatif pendidikan bahasa Inggris yang dilakukan oleh mahasiswa FEB UNISMA mendapat sambutan hangat dari komunitas nelayan di Donggang. Antusiasme tinggi terlihat dari kehadiran mereka di setiap sesi kelas. (Fauzi) 

Leave a comment