FBN Sintang Ajak Seluruh Pihak Wujudkan Pilkada Damai dan Berintegritas

2024-09-20 07:43:01
Penandatanganan deklarasi Pilkada Damai. Kegiatan ini diinisiasi Forum Bela Negara Kabupaten Sintang. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Forum Bela Negara Kabupaten Sintang menggelar Deklarasi Pilkada damai untuk menyukseskan Pilkada serenrak 2024.

Deklarasi itu digelar di Gedung Pancasila, pada Sabtu 10 Agustus 2024. Bertajuk: "Kolaborasi Elemen Masyarakat, Partai Politik Ormas dan Pemerintah untuk Menyukseskan Pilkada serentak 2024 yang harmonis."

Ketua Forum Bela Negara Kabupaten Sintang Dedi Suripto, mengatakan tujuan deklarasi ini adalah untuk memastikan Pilkada 2024 berjalan lancar, aman, dan demokratis, serta mencegah terjadinya konflik atau adanya kekerasan selama tetapan Pilkada berjalan.

“Sintang rumah besar kita bersama yang wajib kita jaga, rawat kedamaian keharmonisannya, untuk generasi kita ke depan," pesan Dedi. 

Ia pun berharap, deklarasi ini tak sekedar seremonial saja. Tapi benar-benar dimaknai sebagai upaya komitmen bersama menjaga pesta demokrasi yang berintegritas. 

"Mari kita wujudkan Piklada ini dengan riang gembira, jujur adil dan berintegritas. Supaya lahir pemimpin-pemimpin terbaik," ajaknya. 

“Menurut saya yang paling penting menciptakan Pilkada damai itu tokoh masyarakat untuk memberikan pendidikan politik yang baik,” lanjutnya. 

Deklarasi ini turut diikuti Ketua KPU Kabupaten Sintang, Edy Susanto. Ia tak lupa memberikan pesan-pesan. Salah satunya, mengimbau semua pihak berpartisipasi aktif menyaksikan Pilkada serentak 2024 dengan memberikan hak suararanya sesuai hati nurani. 

Bupati Sintang diwakili oleh Assisten 1 Setda Sintang Herkulanus Roni, mengapresiasi Forum Bela Negara Kabupaten Sintang yang telah menginisiasi kegiatan deklarasi Pilkada damai ini. 

Dia berharap deklarasi ini dapat menjadi kesepakatan bersama untuk menciptakan suasana yang kondusif dan damai di seluruh wilayah Kabupaten Sintang menjelang Pilkada serentak 2024.

“Atas nama Pemkab saya mengapresiasi kegiatan ini. Oleh karena itu saya mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk memastikan Pemilu berjalan kondusif,” ucap Roni.***

Leave a comment