Agus Gumiwang Jabat Plt Ketum Golkar, Jadwal Rapimnas dan Munas Dipercepat 20 Agustus

2024-09-20 08:04:15
Plt Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang bersama para jajaran pengurus DPP menggelar konferensi pers, di kantor DPP Partai Golkar, Selasa (13/8/2024).(Antara/Walda Marison).

JAKARTA, insidepontianak.com - Agus Gumiwang ditunjuk menjadi pelaksana tugas atau Plt Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Airlangga Hartarto yang mengundurkan diri. 

Penunjukan itu melalui mekanisme rapat pleno pengurus DPP yang digelar pada Selasa (13/8/2024) malam. 

Agus Gumiwang mengatakan, rapat pleno itu tidak hanya menetapkannya sebagai Plt Ketua Umum Golkar. 

Tapi, juga menyetujui agenda pelaksanaan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) sekaligus agenda musyawarah nasional (Munas) yang ditetapkan pada 20 Agustus 2024. 

Jadwal Rapimnas dan Munas Partai Beringin itu dipercepat dari agenda awal yang semula dijadwalkan akan digelar pada Desember mendatang. 

"Tanggal 20 Agustus kita rencanakan pembukaan Rapimnas di pagi hari, kemudian malam harinya 20 Agustus malam kita rencanakan agenda pembukaan Munas ke-11 Partai Golkar," kata Agus Gumiwang saat jumpa pers di kantor DPP Partai Golkar yang disiarkan langsung oleh berbagai televisi nasional. 

Menurut Agus, tempat Rapimnas dan Munas nanti juga telah disepakati akan digelar di Jakarta. Adapun agenda utamanya adalah, menentukan langkah politik partai hingga memilih Ketua Umum Partai Golkar definitif. 

Di kesempatan konferensi pers itu, sejumlah awak media pun tak lupa menyinggung nama Bahlil Lahadalia santer berpotensi menjadi salah satu kandidat calon ketua umum Golkar. Menanggapi pertanyaan itu, Agus Gumiwang hanya menjawab diplomatis. 

"Siapa yang akan jadi ketua umum, penentuan format organisasi akan ditentukan dalam Munas," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, dinamika yang terjadi pada Partai Golkar saat ini merupakan dampak dari mundurnya Airlangga Hartarto dari kursi ketua umum pada Minggu kemarin. 

Agus menegaskan, dinamika ini tetap tidak mengubah komitmen politik Partai Golkar untuk menyukseskan Pilkada serentak 2024, dan menyukseskan pelantikan Prabowo-Gibran.***

Leave a comment