Sutarmidji Apresiasi Peran Muhammadiyah Mencetak Intelektual

2024-10-04 22:29:03
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah foto bersama Sutarmidji. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Calon gubernur Kalbar nomor urut 1, Sutarmidji mengajak seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak (UMP) untuk mampu menguasai berbagai macam data. 

Penguasaan data menurut Midji menjadi sangat penting dalam upaya menyelesaikan satu persoalan baik dilingkup kampus maupun masyarakat.

Hal itu diungkapkan Sutarmidji saat memberikan sambutan peringatan Milad ke 34 UMP yang digelar di Auditoroum pada Kamis (3/10/2024) malam. 

Kehadiran Gubernur Kalbar periode 2018-2023 itu untuk memenuhi undangan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) UMP.

"Saya mengajak mahasiswa untuk menguasai dan memahami sebanyak mungkin data, lalu mencoba untuk menganalisa data dalam rangka menyelesaikan masalah-masalah yang timbul disekitar kalian baik dilingkup perguruan tinggi dan tempat tinggal," ungkap Sutarmidji. 

Dalam kesempatan tersebut, Sutarmidji mengakui keberadaan organisasi Muhammdiyah yang telah lama dikenal sebagai pencetak kaum intelektual mempuni dan handal.

Sehingga menurutnya, banyak pakar-pakar yang berpengaruh di Indonesia berasal dari keluarga besar Muhammadiyah. 

Maka hal itu pun harus ditanamkan oleh setiap mahasiswa UMP untuk tetap mempertahankan pandangan masyarakat tentang Muhammadiyah. 

Terlebih dalam usia ke-34 tahun, UMP diharapkan terus melahirkan intelektual muda yang bisa menjawab kebutuhan pemikiran kreatif dan inovatif di Kalbar.

"Saya ucapkan selamat ulang tahun ke 34 Universitas Muhammadiyah Pontianak, saya berharap alumni UMP betul-betul menjadi intelektual yang bisa menjawab permasalahan disetiap daerah," harap Midji.

Di hadapan ratusan mahasiswa UMP, Sutarmidji pun kembali menekankan pentingnya penguasaan data. 

Terutama dalam menyelesaikan segala sesuatu permasalahan dimulai dengan melihat indokator ukur dari satu masalah tersebut. Ketika sudah diketahui indikatornya maka tinggal cara mengelesaikan indikator tersebut.

"Saya ingin mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak ini menguasai data apapun, Tidak akan mungkin kalian hidup dimasyarakat tidak akan bersinggungan dengan data-data tata kelola pemerintahan," pesannya.

Kedekatan Sutarmidji dengan para mahasiswa sangat tercermin dalam momentum tersebut. Mulai dari kedatangan Sutarmidji disambut hangat ratusan mahasiswa UMP. Satu persatu mahasiswa menyalami Gubernur Kalbar periode 2018-2023 tersebut. 

Sesekali Midji melempar candaan. Begitu pun mahasiswa. Tercipta suasana keakraban. Para mahasiswa secara spontan mengabadikan momentum istimewa tersebut dengan kamera telepon genggam mereka. 

Sejumlah mahasiswa pun menyerbu Cagub nomor urut 1 itu untuk berswafoto (selfie). Mahasiswa mencandai Sutarmidji untuk memamerkan foto tersebut dengan ibu mereka.

"Saya foto dengan Pak Sutarmidji mau pamer ke emak saya," ungkap salah satu mahasiswa UMP, Aura.***

Leave a comment