Gelar Workshop Peliputan Pemilu di 3 Provinsi, Dewan Pers Harap Pesta Demokrasi 2024 Damai

2024-09-20 16:44:12
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dewan pers menggelar workshop peliputan pemilu 2024 di tiga Provinsi secara serentak, Rabu (20/9/2023).

Di Kalbar, workshop peliputan Pemilu digelar di Hotek Golden Tulip. Diikuti 53 perwakilan media baik cetak, elektronik dan online.

Adapun harapannya dengan diselenggarakan kegiatan workshop ini supaya media-media bisa bersikap independent dalam mempublikasikan kegiatan-kegiatan Pemilu. Sehingga pesta demokrasi bisa berjalan jujur, adil dan damai.

Workshop ini juga dilaksanakan di Jambi, Sumatera Selatan. Dibuka langsung Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu secara virtual.

Ninik mengajak wartawan agar tetap bersikap independen dan berpihak pada kebenaran dan keadilan untuk kepentingan publik.

“Pentingnya kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui peranan penting media, baik elektronik maupun cetak, dalam keterlibatan Pemilu 2024 mendatang," kata Ninik.

Ninik menjelaskan, kehadiran pers sangat dibutuhkan, untuk menjalankan peran, sebagai penegak nilai-nilai demokrasi.

"Agar Pemilu tidak menjadi demokrasi prosedural, maka media harus didasarkan informasi yang akurat, kredibel dan tepat," sambungnya.

Ia mengungkapkan, bercermin dari Pemilu 2019 masih ditemukannya media yang isi beritanya bersifat provokasi.

“Dengan informasi yang dikeluarkan pers, tentu sangat berpengaruh ditengah masyarakat, khususnya menjelang pemilu mendatang. Semoga Pemilu 2024 berjalan jujur, adil dan damai,” pungkasnya. (greg)***

Leave a comment