Hindari Penyimpangan, Kanwil Kemenkumham Kalbar Gelar Pra Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan

2024-09-20 14:07:24
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat menggelar kegiatan pra rekonsiliasi data laporan keuangan dan barang milik negara atau BMN, Senin (24/6/2024). (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kantor wilayah atau Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalbar menggelar kegiatan pra rekonsiliasi data laporan keuangan dan barang milik negara atau BMN, Senin (24/6/2024).

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, sejak 24 hingga 26 Juni 2024 di Hotel Mercure Pontianak.

Tujuannya meningkatkan pengelolaan keuangan dan BMN yang efektif dan akuntabel serta menghindari berbagai bentuk penyimpangan berkelanjutan.

Kepala Bagian Umum Kanwil Kemenkumham Kalbar Ferry Indrawan menyampaikan, rekonsiliasi melibatkan 81 peserta dari 27 satuan kerja di lingkungan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalbar.

"Peserta terdiri dari satu operator persediaan dan aset, satu operator GLP, satu pejabat pendamping yang bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan dan barang, serta koordinator wilayah untuk sembilan DIPA Kantor Wilayah," ujar Ferry.

Ferry menambahkan kegiatan Rekonsiliasi data keuangan dan BMN ini merupakan agenda penting yang bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan yang transparan dan akuntabel sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP).

Sementara itu Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar sekaligus Kepala Divisi Administrasi Hajrianor mengatakan, rekonsiliasi merupakan kunci utama dalam penyusunan laporan keuangan yang akuntabel, meminimalisasi perbedaan pencatatan yang dapat mempengaruhi validitas dan akurasi data.

Kegiatan ini juga penting untuk mitigasi masalah pertanggungjawaban keuangan, yang mempengaruhi kualitas data laporan keuangan tingkat wilayah.

"Pelaksanaan rekonsiliasi ini merupakan tahapan akhir dalam siklus anggaran, yaitu pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan, hal ini memerlukan komitmen tinggi dari seluruh satuan kerja." ucap Hajrianor.

Hingga 21 Juni 2024, realisasi penyerapan anggaran di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalbar mencapai Rp123.034.647.123 dari Rp291.752.292.000 atau 42,17 persen. Sementara apaian IKPA rata-rata satuan kerja sampai dengan Mei 2024 adalah 97,68 persen.***

Leave a comment