Bupati Satono Hadiri Sosialisasi Kesehatan CJH Sambas 2025, Minta Persiapkan Kesehatan Fisik Sejak Awal

2024-09-20 06:53:52
Bupati Sambas, Satono. (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Bupati Sambas, Satono, hadiri sosialisasi kesehatan bagi 298 calon jamaah haji (CJH) tahun 2025 di Aula BKSDMAD Sambas, Jumat (2/8/2024). 

Sosialisasi ini diadakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas untuk mengedukasi CJH terkait pentingnya kesehatan untuk berangkat ibadah haji.

Bupati Satono mengatakan, dalam menjalankan ibadah haji yang dibutuhkan adalah fisik yang kuat dan sehat. 

"Tadi sudah disampaikan oleh Kadis kesehatan dan kepala kantor agama, banyak hal yang harus disiapkan oleh seluruh CJH, istiqomah yang dikatakan Pak Kemenag, mampu sehat," katanya. 

Ia menambahkan, para CJH harus mempersiapkan fisik dengan baik, dengan rutin berolahraga dan melakukan pemeriksaan kesehatan. 

"Tadi disampaikan oleh Pak Kadis kesehatan jangan makan yang berpotensi menjadi hipertensi dan diabetes, boleh makan daging dan minum yang manis-manis tapi tidak berlebih," ucapnya. 

Bupati Satono juga mengimbau agar para CJH jujur terkait kesehatan karena hal tersebut sangat fatal. 

"Jujur, jangan sampai membohongi petugas kesehatan, karena sudah pernah kejadian dulu pada tahun 2009 saat saya masih mengurus persiapan haji, di Sambas lolos tapi sampai batam gagal berangkat," katanya. 

Adapun sosialisasi ini antusias diikuti para calon jemaah haji tahun keberangkatan 2025. Diharapkan, mereka bisa memahami dan menjaga kesehatan untuk persiapan beribadah haji tahun depapan.***

Leave a comment