Desa Sebangun Terapkan Program Integrasi Layanan Primer Posyandu untuk Atasi Stunting

2024-09-27 16:33:01
Kegiatan integrasi pelayanan primer di salah satu Posyandu di Desa Sebangun antusias diikuti ibu-ibu. Program ini rutin digelar untuk mengatasi dan mencegah stunting pada anak. (Istimewa).

SAMBAS, insidepontianak.com - Pemerintah Desa Sebangun, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas, berlakukan program integrasi layanan primer (ILP) Posyandu untuk mengatasi stunting pada anak. 

Kepala Desa Sebangun Sarbini mengatakan, program ILP ini dilakukan setiap satu bulan sekali di 3 Posyandu yang ada di Kecamatan Sebawi.

Adapun program penanganan dan pencegahan stunting yang terintegrasi di Posyandu itu berupa pemeriksaan kesehatan ibu hamil, pemberian tambahan makanan untuk ibu hamil, dan pemberian makanan tambahan untuk balita.

Kegiatan integrasi pelayana primer ini ditangani langsung oleh Bidan Desa dan juga kader-kader Posyandu yang sudah dibekali ilmu pengetahuan. 

"Ibu- ibu datang ke Posyandu, kalau yang sudah ada balita, maka balita dibawa ke posyandu, untuk dilakukan pemeriksaan secara rutin," jelas Kades Sebangun, Sarbini. 

Menurutnya, anggaran kegiatan integrasi pelayanan promer Posyandu untuk penaganan stunting ini, bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja desa yang rutin dialokasikan setiap tahun. 

Ia berharap dengan program tersebut bisa mencegah dan mengatasi stunting pada tumbuh kembang anak.

"Sehingga generasi mendatang di Kabupaten Sambas menjadi generasi yang unggul," pungkasnya.***

Leave a comment