BPBD Sambas Imbau Masyarakat Waspada Bencana Batingsor

2024-10-01 22:30:17
Kepala BPBD Kabupaten Sambas, Marjuni. (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Badan Penglanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sambas, mengimbau masyarakat waspada bencana banjir, puting beliung dan longsor (batingsor). 

Pasalnya, hasil monitoring BMKG, diperkirakan curan hujan di Oktober ini akan tinggi, dan pasang air laut akan meningkat. Selain itu, dari Februari 2025 diperkirakan akan terjadi fenomena Elnina. 

"Karena itu, seluruh masyarakat Kabupaten Sambas terutama bagi masyarakat nelayan, pesisir pantai, daerah aliran sungai dan daerah rawan longsor serta bagi wisatawan pantai maupun gunung diharap waspada,” pesannya. 

Untuk memberikan peringatan bagi masyarakat, BPBD Kabupaten Sambas sudah mengeluarkan surat edaran mengenai waspada bencana ini. 

Isi surat tersebut yakni, mewaspadai wilayah-wilayah yang diperkirakan memiliki risiko rawan bencana banjir rob, banjir bandang, cuaca ekstrem, dan tanah longsor. 

Bagi pengunjung wisata di pantai untuk mencari tempat aman ketika terjadi awan gelap dan angin kencang yang berpotensi menyebabkan ombak tinggi di pinggir pantai. 

Bagi pengunjung wisata gunung ( wisata arung jeram dll) untuk mencari tempat aman ketika terjadi cuaca yang sering berubah-ubah berpotensi terjadinya longsor dan banjir bandang. 

“Kemudian selalu memperhatikan update informasi cuaca dari badan BMKG pada saluran resmi," imbaunya. 

Selanjutnya, kepada pemerintah desa, bilamana terjadi bencana di lingkungan sekitar, diharap segera koordinasi dan berkomunikasi aktif dengan BPDB Kabupaten Sambas melalui media center bencana dengan nomor WhatsApp: 0821-4930-0028.***

Leave a comment