Waspada Karhutla, Sanggau Diprediksi Hadapi Cuaca Panas pada Juli 2024

2024-09-20 07:50:10
Foto: insidepontianak.com -- Plt. Kepala BPBD Kabupaten Sanggau, Budi Darmawan

SANGGAU, insdepontianak.com -- Kabupaten Sanggau diprediksi menghadapi musim panas pada Juli 2024.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau Budi Darmawan mengatakan masyarakat diimbau meningkatkan kewaspadaan.

"Kalaupun membuka lahan untuk pertanian agar mengacu kepada Pergub dan Perbup, membuka lahan dengan kearifan lokal," katanya, Minggu 23 Juni 2024.

Budi Darmawan mengatakan kewaspadaan sangat penting mengingat Kabupaten Sanggau memiliki historis bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dengan titik panas atau hotspot yang cukup banyak.

Lanjutnya, BPBD Kabupaten Sanggau sendiri sudah melakukan langkah-langkah antisipasi.

Serta melakukan koordinasi lintas sektor untuk memperkuat seluruh elemen pemerintah dan masyarakat untuk menghadapi ancaman Karhutla, beberapa waktu yang lalu sudah dilaksanakan apel kesiapsiagaan.

"Karena prediksi BMKG mulai Juli sudah masuk ke musim panas,"ujarnya.

Kemudian, pihaknya juga telah melakukan pelatihan ataupun simulasi penanganan bencana Karhutla, kepada TRC BPBD Kabupaten Sanggau sebagai garda terdepan penanganan bencana.

"TRC BPBD Kabupaten Sanggau saat ini sudah berjumlah 30 orang dan di back up oleh kelompok masyarakat tangguh bencana di desa-desa yang sudah di berikan pelatihan," pungkasnya. (ans)

Leave a comment