DKPTPHP Sanggau Upayakan Produksi Jagung Hibrida Meningkat

2024-09-21 19:35:20
Foto: insidepontianak.com -- Kepala Bidang Tanaman Pangan, DKPTPHP Kabupaten Sanggau, Yusmayani Ema saat ikut proses panen jagung hibrida Poktan Mitra Batas di Desa Kenamaan, Kecamatan Sekayam pada Selasa (25/6/2024).

SANGGAU, insdepontianak.com -- Kelompok Tani (Poktan) Mitra Batas di Desa Kenaman, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau melakukan panen jagung hibrida dengan luasana lima hektar.

Berdasarkan hasil pengubinan, pertumbuhan produktivitas tanaman (provitas) mencapai angka 9.042 kilogram (Kg) atau 9,42 ton  jagung hibrida basah per hektar. Sebagaimana diketahui Poktan Mitra Batas ini menggunakan jagung hibrida varietas 29 dan pertiwi.

Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan Kabupaten, Yusmayani Ema saat menghadiri proses panen dan pengubinan mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kerja keras petani pada Poktan Mitra Batas atas hasil panen yang lumayan besar tersebut.

Ema sapaan akrabnya berharap, produksi jagung hibrida di Kabupaten Sanggau memenuhi permintaan pasar dan kebutuhan pakan ternak lokal. 

"Nah ini yang kita terus genjot agar produksi terus meningkat," tegasnya, Selasa (25/6/2024), 

Ema menambahkan, pihaknya di DKPTPHP Kabupaten Sanggau akan berupaya untuk memperluas luas lahan tanam untuk jagung hibrida. Yang mana itu akan meningkat produksi di daerah.

"Kalau bisa ditiap kecamatan kita tanami jagung agar produksinya kita setidaknya mampu memenuhi permintaan pasar," tutupnya. (ans)

Leave a comment