Anggota DPRD Kalbar Minta Perkuat Sinergi Atasi Karhutla yang Kerap Berulang saat Musim Kemarau

2024-09-24 20:23:54
Ilustrasi

Insidepontianak.com - Tidak ingin Karhutla berulang setiap tahun, seluruh pemangku kepentingan, baik TNI, Polri, Pemerintah maupun masyarakat Kalbar diajak untuk bersinergi mencegah dan menanggulangi Karhutla saat musim kemarau.

Ermin Elviana, Wakil Ketua DPRD Kalbar mengungkapkan, sinergisitas dalam menanggulangi Karhutla di Kalbar sangat penting.

Menurutnya, kejadian beberapa tahun terakhir harus menjadi pembelajaran. Meski tidak separah dulu tapi potensi Karhutla tetap harus diwaspadai.

Baca Juga: Mahardhika Soekarno Posting Buku Nikah, Cita Citata: Menjadi Sempurna Karena Menyatu!

“Sehingga kita semua terbebas dari bahaya bencana asap yang beberapa tahun belakangan kerap menimpa daerah kita,” paparnya.

Sebenarnya, tambah Ermin, dalam membuka lahan ada pola yang dilakukan orang terdahulu yang bisa digunakan. Terbukti ampuh lantaran selama ini tidak pernah terjadi kebakaran besar di Kalbar. Namun demikian ia meminta masyarakat Kalbar untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar di musim kemarau seperti saat ini.

Ia mengapresiasi langkah-langkah yang telah diambil TNI, Polri, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang telah melakukan pencegahan Karhutla di Kalbar secara dini.

“Saya sangat berharap masyarakat juga dapat ikut membantu upaya pencegahan dan pemadaman yang dilakukan TNI, Polri, dan BPBD dalam mengatasi persoalan Karhutla,” ucapnya. ***

Tags :

Leave a comment