FIFA Resmi Pakai Bola Baru Al Hilm, Gantikan Peran Al Rihla di Semi Final dan Final Piala Dunia 2022 Qatar

2024-09-24 08:27:15
Ilustrasi

Insidepontianak.com - Melalui laman resminya, FIFA mengumumkan untuk menarik mundur Al Rihla yang digantikan oleh Al Hilm (11/12/22). Bola ini rencananya akan dipakai pada fase semi final dan final Piala Dunia 2022 Qatar.

Seperti yang telah diketahu, timnas yang lolos ke semi final Piala Dunia 2022 Qatar terdiri dari 4 Negara. Ajang pembukan babak baru tersebut rupanya juga disambut dengan kedatangan Alhilm yang menggantikan bola Al Rihla.

Peran Al Rihla harus berakhir ketika fase perempat final Piala Dunia 2022 Qatar selesai. Kini misi untuk menemani babak semi final dan final akan dititipkan kepada lakon baru, siapa lagi kalau bukan bola Al Hilm.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar: Maroko Tekuk Portugal 1:0, Cristiano Ronaldo yang Memilih Duduk di Bangku Cadangan?

Sebagai generasi penerus, kata Al Hilm bermakna 'Mimpi'. Ungkapan ini rupanya akan melanjutkan makna tersirat dari bola Al Rihla yang berarti 'Perjalanan'.

Harapannya, usai mengarungi tantangan sulit di turnamen Piala Dunia 2022 Qatar, mereka diupayakan dapat menggapai sebuah mimpi dari perjalanan sebelumnya.

Bila kemunculan Al Rihla telah melalui proses seleksi yang ketat, hal serupa juga dialami oleh Al Hilm. Sudah masyhur bagi penggemar turnamen Piala Dunia, tidak boleh sembarang bola yang boleh di mainkan di atas lapangan pada ajang tersebut.

Maka dari itu, baik Al Hilm ataupun Al Rihla didesain dengan keakuratan yang tepat. Kedua bola tersebut dirancang dengan mesin berteknologi tinggi, sehingga peran keduanya sangat membantu teknik pertandingan dari fase grup sampai perempat final.

“Dengan perkembangan teknologi bola yang terhubung, adidas memungkinkan mendapat tumpukan informasi tambahan penting yang tersedia untuk ofisial video pertandingan. Data dari bola membuka wawasan baru untuk bercerita seputar momen unik di lapangan di Piala Dunia ini,” jelas Johannes Holzmüller, Direktur Teknologi & Inovasi Sepak Bola - FIFA, dilansir dari FIFA.com (11/12/2022).

Bentuk presisi yang harus dimiliki oleh bola Piala Dunia harus tampak sempurna. Bila dimainkan di arena pertandingan, benda berkulit bundar itu dapat dikontrol dengan mudah.

Berbeda dengan Al Rihla yang dilapisi dengan warna dasar putih, serta dibumbui biru langit, Al Hilm dipoles dengan warna keemasan.

Corak keemasan pada bola yang akan dipakai pada pertandingan semi final nanti, terinspirasi oleh gurun yang menyelimuti Ibu Kota Qatar, Doha. Selain itu, warna kekuningan tersebut juga melambangkan warna trofi Piala Dunia.

Tidak lupa juga merah maroon menjadi corak bola Al Hilm. Warna ini diadopsi dari keagungan bendera Qatar yang menjadi tuan rumah.

"Al Hilm mewakili suar cahaya pada kekuatan olahraga dan sepak bola untuk menyatukan dunia,” ujar manajer umum sepak bola, adidas, Nick Craggs. Dikutip dari laman resmi FIFA pada, Minggu (11/12/2022).

Baca Juga: LINK NONTON Curtain Call Episode 11 Sub Indonesia: Penyamaran Jae Heon Berakhir di Hadapan Se Yeon?

Termuat di website resmi FIFA, tampang Al Hilm dipamamerkan berdampingan dengan trofi emas Piala Dunia Qatar. Melalui hadirnya bola baru, diharap pertandingan semi final dan final Piala Dunia 2022 Qatar semakin seru.

"Jutaan orang akan menonton dari hampir setiap negara di seluruh dunia, dipersatukan oleh semangat mereka untuk permainan ini. Kami berharap semua tim yang terlibat dalam tahap akhir turnamen mendapatkan keberuntungan terbaik saat mereka bersaing di panggung terbesar yang ditawarkan sepak bola," tutupnya. ***

Tags :

Leave a comment