Dinilai Mampu Tingkatkan Cakupan Vaksinasi, Bupati Citra Duani Raih Penghargaan

2024-09-22 20:36:54
Ilustrasi

JAKARTA, insidepontianak.com - Bupati Kayong Utara Citra Duani raih penghargaan dari Kementerian Kesehatan dan United States Agency for International Development (USAID) atas keberhasilan meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19.

Penghargaan ini juga didapat 10 kepala daerah lainnya di Indonesia. Bupati Kayong Utara, Citra Duani bersyukur atas penghargaan tersebut.

Menurut dia, walaupun banyak keterbatasan di lapangan dalam penanganan Covid 19, namun tidak menyurutkan semangat semua pihak yang terlibat dalam melakukan upaya-upaya penanggulangan.

Baca Juga: Review Hasil laga Argentina vs Arab Saudi Piala Dunia Qatar 2022 Lionel Messi Patah Semangat

"Pandemi Covid 19 memaksa kita bekerja keras, tidak hanya Tenaga Kesehatan, semua pihak terlibat, baik Polri maupun TNI. Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi, lembaga dan semua pihak lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Ini berkat kerja keras semua pihak," ucap Bupati Citra Duani.

Menurut Bupati Citra Duani, pandemi Covid-19 telah menjadi persoalan serius di seluruh negara. langkah cepat dan strategi penanganan yang baik menjadi salah satu kunci sukses menekan tingginya angka ketularan.

Baca Juga: Kejati Kalbar Tangani Kasus Dugaan Korupsi Kredit Macet BNI Pontianak, Empat Pegawai Tersangka

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan bahwa pemerintah akan terus melakukan sejumlah kebijakan untuk menekan kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia.

Salah satunya adalah dengan mendorong pelaksanaan vaksinasi booster di tengah masyarakat dan mendistribusikan vaksin Covid-19 tersebut ke ke daerah-daerah.

"Hingga kini, total vaksin yang didistribusikan pemerintah untuk program vaksinasi booster ini telah mencapai 2,5 juta dosis satu. sedangkan untuk mekanisme pelaksanaannya, pemerintah menyerahkan sepenuhnya kepada masing-masing daerah," terangnya.

Baca Juga: Link Nonton Denmark vs Tunisia pada Piala Dunia Qatar 2022, Mimpi Yousseff Msakni Terwujud

Dalam upaya mendukung program pelaksanaan vaksinasi booster di Indonesia, Kemenkes RI bekerja sama dengan program Breakthrough Action for Covid-19 yang didukung USAID, telah memperluas akses vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Selainitu kegiatan kampanye vaksinasi dengan melibatkan masyarakat juga terus digencarkan meski situasi pandemi sudah terkendali.

"Vaksinasi terus digenjot, terutama ditujukan bagi lansia dan kelompok masyarakat rentan lainnya untuk mempercepat vaksinasi dan tidak lengah serta tetap patuh terhadap protokol kesehatan," katanya.***

Tags :

Leave a comment