Skala Survei Indonesia: Pilpres 2 Ronde Jika Capres 3 Nama, Simulasi 3 Nama Kedua

2024-09-22 10:40:54
Ilustrasi

JAKARTA, insidepontianak.com - Survei dari Skala Survei Indonesia (SSI), 6-12 November 2022, Pilpres 2 ronde jika capres ada 3 nama, simulasi kedua dari tiga nama Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Puan Maharani.

Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim, dalam keterangan tertulis yang diterima Insidepontianak.com, Jumat (18/11/2022), terkait survei SSI mengenai Pilpres 2024 dan Pemilu 2024.

Dalam simulasi kedua, jika nantinya yang akan maju adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Puan Maharani, sementara Anies Baswedan diasumsikan tidak ikut berkontestasi.

Baca Juga: Viral, Wanita Terobos Iringan Jokowi di Bali, Ternyata Ingin Bersalaman dengan Presiden  

"Bagaimana situasinya jika nantinya yang akan maju hanya akan menghadirkan 3 nama capres?" kata Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim.

Seandainya Pilpres dilakukan hari ini, dan ada 3 nama capres yang akan maju, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Puan Maharani, maka capres yang akan dipilih adalah Prabowo Subianto 31,8%, Ganjar Pranowo sebanyak 31,6%, dan Puan Maharani 3.3%.

"Sementara yang menjawab tidak tahu/tidak jawab/rahasia/belum memutuskan 33.3%," kata Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim.

Lagi-lagi, jika yang menjawab tidak tahu/tidak jawab/rahasia/belum memutuskan yang sebesar 33.3% ditambahkan secara proporsional ke masing-masing kandidat, belum ada satu nama capres pun yang bisa mengumpulkan suara 50% +1.

Itu artinya pilpres harus dilanjutkan ke babak kedua dan yang akan maju adalah Prabowo Subianto melawan Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Pembukaan Piala Dunia 2022 Akan Digelar Minggu Malam

Di ronde kedua, jika capres yang masuk adalah Prabowo Subianto vs Ganjar Pranowo, maka Prabowo Subianto memiliki potensi lebih besar untuk mengalahkan Ganjar Pranowo dengan tingkat eleksi 35,3% untuk Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo 33,8%. Memang yang masih belum memutuskan sebanyak 33,8%.

"Namun jika angka ini didistribusikan secara proporsional kepada keduanya, yang bisa mengumpulkan suara lebih dari 50% adalah Prabowo Subianto. Itu artinya, Prabowo Subianto akan menang di ronde kedua," kata Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim.***

Tags :

Leave a comment