Skala Survei Indonesia: Pilpres 2 Ronde Jika Capres 3 Nama, Simulasi 3 Nama Pertama

2024-09-22 10:37:15
Ilustrasi

 

JAKARTA, insidepontianak.com - Survei dari Skala Survei Indonesia (SSI), 6-12 November 2022, Pilpres 2 ronde jika capres ada 3 nama, simulasi pertama dari tiga nama Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Puan Maharani.

Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim, dalam keterangan tertulis yang diterima Insidepontianak.com, Jumat (18/11/2022), menyatakan terkait Pilpres 2024 dan Pemilu 2024.

Prabowo Subianto menang di ronde kedua jika simulasi 3 nama pertama adalah Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Puan Maharani.

Baca Juga: LINK NONTON Piala Dunia FIFA Qatar 2022: Saksikan Qatar vs Equador 20 November

"Bagaimana situasinya jika nantinya yang akan maju hanya akan menghadirkan 3 nama capres?" kata Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim.

Situasinya masih sama. Jika hanya ada 3 nama capres yang akan maju, dalam beberapa simulasi yang diuji oleh SSI, belum ada satu nama capres pun yang mampu memperoleh suara 50% + 1 sebagai syarat untuk bisa memenangi Pilpres 2024.

Itu artinya, lagi-lagi Pilpres tidak akan selesai dalam satu babak. Sangat besar potensinya pilpres harus dilanjutkan ke ronde kedua.

Simulasi 3 nama pertama; Yang maju adalah Prabowo Subianto, Anies R. Baswedan dan Puan Maharani.

"Kita coba lihat dalam simulasi pertama jika nantinya yang akan maju adalah Prabowo Subianto, Anies R Baswedan dan Puan Maharani, sementara Ganjar Pranowo diasumsikan tidak ikut berkontestasi," kata Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim.

Seandainya Pilpres dilakukan hari ini, dan ada 3 nama capres yang akan maju, yakni Prabowo Subianto, Anies R. Baswedan, dan Puan Maharani, maka capres yang akan dipilih adalah Prabowo Subianto 31,3%, Anies R. Baswedan 28,1%, dan Puan Maharani 3,0%. Sementara yang menjawab tidak tahu/tidak jawab/rahasia/belum memutuskan 37.6%.

Lagi-lagi, jika yang menjawab tidak tahu/tidak jawab/rahasia/belum memutuskan yang sebesar 37.6% ditambahkan secara proporsional ke masing-masing kandidat, belum ada satu nama capres pun yang bisa mengumpulkan suara 50% +1.

"Itu artinya pilpres harus dilanjutkan ke babak kedua dan yang akan maju adalah Prabowo Subianto melawan Anies R. Baswedan," kata Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim.

Baca Juga: LINK NONTON The First Responders Episode 2 Sub Indonesia: Terungkap! Detektif Jin Ho Gae Ternyata Anak dari ..

Di ronde kedua, jika capres yang masuk adalah Prabowo Subianto vs Anies R. Baswedan, maka Prabowo Subianto berpotensi besar memenangi babak kedua dengan tingkat eleksi sebanyak 33,2%, sementara Anies R. Baswedan meraih suara sebesar 28,4%. Untuk yang menjawab tidak tahu/tidak jawab/rahasia/belum memutuskan sebanyak 38.4%.

"Jika angka yang tidak tahu/tidak jawab/rahasia/belum memutuskan ini ditambahkan secara proporsional ke masing-masing kandidat, maka yang bisa memperoleh angka di atas 50% adalah Prabowo Subianto. Itu artinya, Prabowo Subianto akan menang di ronde kedua," kata Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim.***

Tags :

Leave a comment