Bangga! Alat Musik Tradisional Angklung Menggema di Piala Dunia Qatar 2022

2024-09-22 04:43:33
Ilustrasi

Insidepontianak.com - Bikin bangga! Angklung yang merupakan alat musik tradisional asli Indonesia akan ikut menyemarakkan gelaran Piala Dunia Qatar 2022.

Angklung telah menjadi warisan budaya yang berasal dari daerah Sunda atau wilayah Jawa Barat. Tidak disangka, Angklung menjadi salah satu alat musik yang akan memeriahkan acara Piala Dunia Qatar 2022.

Hari ini, alat musik tradisional Indonesia, Angklung menjadi tampilan Google Doodle. Hal ini terjadi karena alat musik tradisional asli Indonesia akan ikut menyemarakkan gelaran Piala Dunia Qatar 2022.

Baca Juga: Viral! Video Piala Dunia Qatar 2022 Diedit Netizen Indonesia:Dari Lagu Sarung Sampai Reliji Bikin Ngocok Perut

Sebagai warga negara Indonesia turut bangga, alat musik tradisional Angklung akan meriahkan acara bergengsi di dunia yaitu Piala Dunia Qatar 2022.

Piala Dunia Qatar 2022 akan di mulai pada 20 November hingga 18 Desember mendatang. Qatar sebagai negara tuan rumah pun menggandeng banyak pihak untuk membuat Piala Dunia 2022 semakin semarak.

Salah satu pihak yang digandeng panitia penyelenggara Piala Dunia Qatar 2022 adalah Katara Cultural Village Foundation.

Katara merupakan pusat kebudayaan yang berlokasi di Doha dan kerap menampilkan pertunjukan teater, sastra, musik, seni visual, dan pameran.

Dilansir insidepontianak.com dari katara.net, ada beberapa susunan agenda yang diuraikan dalam laman resminya. Pembukaan Piala Dunia Qatar 2022 akan dilangsungkan di Stadion Al Bayt, Al Khor, pada Minggu (20/11/2022).

Bersama Kedutaan Besar Indonesia di Qatar, Katara melakukan kerja sama untuk menggelar ekshibisi atau pagelaran musik angklung di Al-Ibdaa Courtyard Gedung Katara.

Terdapat banyak ekshibisi salah satunya yaitu ‘Indonesian Embassy: The Angklung Performance’ yang akan diselenggarakan di gedung 12 Katara pada 18-28 November dari pukul 18.00 hingga 20.00 waktu setempat.

Untuk mensukseskan acara pelaksanaan ekshibisi The Angklung Performance tersebut, Katara dan Kedutaan Besar Indonesia untuk Qatar juga bekerja sama dengan Saung Angklung Udjo Bandung.

Dilansir insidepontianak.com dari laman instagram resmi Kedutaan Besar Indonesia untuk Qatar @indonesiaindoha, juga mengungkapkan hal tersebut.

“Saung Angklung Udjo comes to Doha! Not only will you be able to watch spectacular performances you will also be able to learn and play this unique instrument!”, tulisnya.

“Saung Angklung Udjo datang ke Doha! Kamu tidak hanya dapat menyaksikan pertunjukan spektakuler, tetapi kamu juga bisa belajar dan memainkan alat musik unik ini!”, arti dari kutipan di atas.

Sedikit informasi, Angklung adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu yang dilayukan dengan hati-hati dan dipotong oleh seorang empu untuk menghasilkan nada-nada tertentu.

Baca Juga: Melacak Warna Jersey Timnas Belanda di Piala Dunia Qatar 2022: Tetap Sangar Meski Berwarna Oranye

Inilah bukti Indonesia yang semakin bangkit dan dikenal oleh dunia. Sukses terus untuk semua tim yang terlibat dalam Indonesian Embassy: The Angklung Performance di Piala Dunia Qatar 2022.***

Tags :

Leave a comment