Tes IQ Bocah 11 Tahun Lebihi Albert Einstein dan Stephen Hawking, Hanya Main Kubus Rubik dan Sudoku?

2024-09-22 03:10:34
Ilustrasi

Insidepontianak.com - Seorang bocah muslim berusia 11 tahun asal Inggris berhasil mengungguli Albert Einstein dan Stephen Hawking dalam tes IQ.

Bocah muslim berusia 11 tahun yang akrab disapa Yusuf Shah, mencapai skor tertinggi tes IQ yang bisa dicapai anak yang baru berusia di bawah 18 tahun.

Yusuf Shah, bocah muslim 11 tahun dari Leeds di Inggris, berhasil meraih skor 162 dalam tes IQ melebihi skor Albert Einstein dan Stephen Hawking.

Baca Juga: Mom, Yuks Buatin Sarapan Sehat untuk Buat Hati dengan Tornado Egg atau Omurice

Seperti yang kita ketahui bahwa Hawking dan Einstein memiliki skor Mensa IQ sebesar 160, meskipun fisikawan itu tidak pernah secara resmi mengikuti tes IQ.

Awalnya Yusuf tidak pernah berpikir untuk mengikuti tes Mensa. Namun, teman-temannya selalu meminta Yusuf untuk mencobanya karena mereka tahu dia sangat cerdas.

Dikutip dari laman Hidayatullah.com “Saya selalu ingin tahu apakah saya berada di dua persen teratas dari orang yang mengikuti tes. Rasanya istimewa memiliki sertifikat untuk saya dan tentang saya,” ujar Yusuf.

Yusuf Shah berharap nantinya dia dapat bersekolah dan belajar matematika di Cambridge atau Oxford.

Bocah 11 tahun, yang kini menjadi bagian dari satu persen orang dengan IQ tertinggi, suka bermain kubus Rubik dan Sudoku.

Setelah pertama kali mencoba Rubik, Yusuf membutuhkan waktu sebulan untuk memecahkan permainan teka-teki itu.

Meskipun IQ anaknya mengalahkan IQ Einstein, Sana yang merupakan muslim berkerudung, selalu berpesan kepada anaknya untuk terus bekerja keras.

“Bahkan jika kamu berbakat, kamu harus menjadi pekerja yang paling keras,” ujarnya kepada Yusuf.

Adik laki-laki Yusuf, Khalid, yang berusia delapan tahun, juga berharap untuk mengikuti tes Mensa ketika nanti sudah lebih besar.

Intelligence Quotient atau yang biasa kita sebut dengan IQ merupakan suatu indikator untuk mengukur kecerdasan seseorang.

Yaitu kecerdasan yang terbentuk atas proses pembelajaran dan pengalaman hidup.

IQ menggambarkan kemampuan seseorang dalam berpikir, mengingat, memahami, mengevaluasi, mengolah, menguasai lingkungan, dan bertindak secara terarah.

Baca Juga: Tes IQ: Ada Dua Kesalahan dalam Gambar Ini yang Tak Semua Tahu! Banyak Orang Gagal dalam Tes Ini, Kamu Bisa?

Biasanya, IQ memiliki kaitan yang erat dengan intelektual, logika, kemampuan menganalisis, pemecahan masalah matematis, dan strategis.

Sementara Mensa adalah organisasi internasional untuk mereka dengan IQ tertinggi beranggotakan 145 ribu orang di seluruh dunia.

Untuk menjadi anggota Mensa, calon anggota harus mencapai skor yang lebih baik dari 98 % populasi.***

Tags :

Leave a comment