Coba Lakukan 5 Tips Ini, Insomnia akan Pergi

2024-09-20 21:28:36
Ilustrasi

 

PONTIANAK, insidepontianak.com - Walau kita sudah berusaha untuk memejamkan mata saat tidur, kita masih sering terbangun. Penyebab yang seperti ini tidak lain adalah insomnia.

Menurut Cambridge Dictionary insomnia berarti "The condition of unable to sleep" (kondisi yang tidak bisa untuk tidur) alias insomnia.

Sedangkan dilansir dari Mayoclinic.org, insomnia juga menyasar kepada gejala kantuk. Hal ini disebabkan pengidap symptomp tersebut, meskipun sudah merasa lelah dan hampir tertidur, tidak akan bisa merasa nyenyak.

Ada beberapa faktor yang bisa membuat seseorang mengalami insomnia, hal yang mungkin dianggap biasa namun pemicu utama mengalami kesulitan ngantuk makan atau ngemil terlalu banyak sebelum waktu tidur.

Baca Juga: Sulit Tidur akan Hilang Bila Kamu Ikuti 5 Cara Ini!

Makan terlalu banyak dapat meningkatkan hormon oreksin (hormon agar tetap bangun) mengalami aktivitas pada waktu menjelang tidur. Oreksin diperlukan bila tubuh kita ingin beraktivitas pada pagi hari.

Apakah kita bisa terhindar dari gejala insomnia? Jawaban pastinya tergantung pada kita sendiri. Namun 5 tips dibawah ini bisa kita ikutin supaya mendapatkan waktu rileks.

Mandi air hangat

Bila sudah merasa lelah bolak-balik di atas kasur, tapi tidak bisa tidur. Cobalah bangkit dan mandi air hangat. Sediakan air hangat, kemudian mandilah dengan air hangat tersebut.

Air hangat dapat merenggangkan otot-otot di tubih sehingga memungkinkan kita akan cepat merasakan kantuk dan tidur pulas.

Minum susu hangat

Dilansir dari sleepadvisory.org, kebiasaan orang turki sebelum tidur ialah mereka sering meminum susu hangat menjelang tidur. Lemak yang dikandung dalam susu dapat mempercepat kita mengantuk dan bisa memaksimalkan waktu tidur.

Baca buku

Jangan salah kaprah ya! Baca buku di sini tidak dianjurkan menelaah buku-buku yang bergenre berat. Maksudnya selayaknya kita baca buku novel atau cerita sehingga otak tidak dipaksa untuk overthinking.

Jauhi ponsel

Smartphone yang memiliki fitur-fitur canggih tidak selamanya dspat meringankan kegiatan sehari-hari kita. Terlebih lagi bila kita berusaha untuk tidur, selayaknya jauhi dulu HP karena dapat mengganggu waktu istirahat.

Hadapkan jam alarm ke dinding

Kenapa kita harus hadapkan jam alarm ke arah berlawanan dari pandangan kita? Yups jawaban kemungkinannya ada dua.

Orang yang mengidap insomnia akan sangat mudah terganggu dengan cahaya jam alarm digital. Bila mempunyai alarm yang masih memakai mesin analog, sebisa mungkin redamkan suara detik jarum jamnya, karena akan sangat mengganggu. Gunakan Hp saja sebagai alarm pengganti jam analog.

Baca Juga: Sulit Tidur? 5 Tanaman ini Bisa Membantu Tidur Menjadi Nyenyak, Dijamin Bikin Cantik Ruangan dan Mudah Dirawat

Jawaban kedua, kemungkinan orang yang memiliki gangguan tidur akan selalu menengok jam. Biasanya juga akan selalu berpikir setiap waktunya "Kenapa pada pukul ini, aku masih belum bisa tidur?

" Pikiran-pikiran seperti ini mampu menggangu waktu tidur.

Itulah tip-tip yang bisa kita berikan kepada pembaca, usahakan tidur nyenyak dan selamat bobok!.

 

Tags :

Leave a comment