Awas Ngantuk Setelah Makan, Hindari Makanan dan Minuman Ini

2024-09-28 14:27:51
Ilustrasi
MEDAN, insidepontianak.com - Kenapa seseorang biasanya ngantuk setelah makanan? Ternyata ada penyebabnya. Pilihan makanan juga minuman sangat berpengaruh. Memang, ngantuk setelah makan adalah hal yang wajar. Namun, makanan dan minuman ini dipercayai sebagai penyebab rasa kantuk semakin menjadi. Artinya, ada makanan dan minuman tertentu yang bisa membuat Anda ngantuk setelah makan. Jadi sebaiknya Anda ketahui agar aktivitas tak terganggu. Mengutip yankes.kemkes.go.id, Sabtu (17/6/2023), rasa kantuk yang muncul sehabis makan dapat disebabkan oleh banyak faktor, antara lain konsumsi makanan atau minuman tertentu. Selain itu, gaya hidup atau kebiasaan juga berpengaruh. Meski umumnya tidak berbahaya, fenomena ini terkadang bisa mengganggu aktivitas dan menurunkan konsentrasi. Oleh karena itu, ketahui penyebab ngantuk setelah makan agar hal tersebut dapat dihindari. Nah, untuk mencegah kondisi yang kerap mengganggu keseharian ini, perlu Anda ketahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut makanan dan minuman yang bisa menimbulkan rasa kantuk setelah makan:
  1. Pisang
Pisang dianggap bisa membuat kantuk karena kandungan kalium dan magnesiumnya yang dapat melemaskan otot, sehingga tubuh akan terasa lebih rileks dan memicu rasa kantuk.
  1. Buah Ceri
Buah ceri merupakan sumber alami melatonin yang sangat tinggi sehingga dapat membuat kita mudah mengantuk. Jika ingin mengonsumsi buah ceri, sebaiknya konsumsi setelah makan malam dan sebisa mungkin hindari mengonsumsinya pada siang hari.
  1. Minuman Berenergi
Pada awalnya, minuman jenis ini mungkin akan meningkatkan energi di tubuh. Akan tetapi, efek tersebut hanya bersifat sesaat dan justru bisa membuat kita merasa lelah dan mengantuk. Pasalnya, sebagian besar minuman berenergi dibuat dari kafein, asam amino esensial, dan kadar gula yang tinggi.
  1. Teh Herbal
Salah satu teh herbal, yaitu chamomile, mengandung zat antioksidan yang disebut apigenin. Di dalam otak, epigenin berfungsi memicu respons otak yang mampu membuat merasa lebih tenang. Hal inilah yang kemudian menyebabkan kita mengangantuk setelah meminumnya.
  1. Minuman Beralkohol
Banyak orang meminum bir, anggur, atau minuman beralkohol lainnya untuk membantu agar bisa tidur dengan cepat dan pulas. Minuman beralkohol mungkin membantu tubuh merasa lebih rileks dan lebih mudah untuk tidur, namun tidur justru mudah terganggu dan menyebabkan merasa lelah atau tidak segar saat bangun. Nah, setelah mengatui makanan dan minuman yang bisa memicu kantuk, berikut beberapa faktor yang diketahui dapat memicu rasa kantuk setelah makan:
  1. Pengaruh hormon selama proses pencernaan
Makanan dan minuman yang dikonsumsi akan dicerna oleh lambung dan usus. Saat proses pencernaan berlangsung, tubuh akan melepaskan hormon tertentu seperti serotonin dan melatonin. Peningkatan kedua hormon tersebut bisa menimbulkan rasa kantuk setelah makan.
  1. Perubahan aliran darah di otak
Setelah makan, aliran darah akan lebih banyak dialihkan ke saluran pencernaan agar tubuh dapat mengolah dan menyerap energi serta nutrisi. Ketika hal tersebut terjadi, aliran darah pada otak akan sedikit berkurang dan menyebabkan kita sering menguap dan mengantuk guna mencukupi kebutuhan oksigen di otak.
  1. Kurang tidur
Ketika kurang tidur, tubuh akan terasa lelah dan rasa lapar mudah muncul. Hal ini bisa membuat kita lebih banyak makan atau ngemil, sehingga rasa kantuk yang dirasakan akan semakin terasa.
  1. Kurang olahraga
Olahraga berpengaruh terhadap kekuatan dan daya tahan tubuh, serta efisiensi kerja sistem kardiovaskular. Jika Anda jarang berolahraga, tubuh akan mudah merasa lelah. Hal ini jugalah yang menjadi salah satu pemicu munculnya rasa kantuk setelah makan.
  1. Alergi makanan
Alergi makanan atau intoleransi makanan juga bisa membuat kita mengantuk setiap habis mengonsumsi makanan tersebut. Alergi makanan dapat memengaruhi pencernaan dan fungsi tubuh, yang membuat kita merasa lelah atau mengantuk setelah makan. Gejala lain yang mungkin timbul adalah pusing, migrain, masalah kulit, dan sakit perut.
  1. Gangguan Kesehatan
Beberapa gangguan kesehatan tertentu yang dapat menyebabkan rasa kantuk setelah makan di antaranya diabetes, anemia, hipotiroidisme, dan gangguan pernapasan saat tidur (sleep apnea). Demikianlah soal makanan dan minuman serta faktor lain yang menyebabkan ngantuk setelah makan. Semoga bermanfaat. (Adelina)***

Leave a comment