Bisakah Google Lens Menjawab Soal Matematika? Berikut Caranya

2024-09-21 04:46:56
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Biasanya, Google Lens digunakan untuk menerjemahkan teks bahasa asing. Akan tetapi, aplikasi ini ternyata bisa memberikan jawaban soal matematika yang dirasa sulit.

Menggunakan Google Lens untuk menjawab soal matematika ada caranya sendiri. Sehingga, pengguna yang merasa kerepotan ketika berhadapan dengannya mudah mengoperasikan dalam kondisi apapun.

Selain itu, menjawab soal matematika dengan Google Lens ada aturannya sendiri. Maksudnya, tidak semua soal bisa dipecahkan oleh aplikasi ini, alias punya bidangnya sendiri.

Google Lens sendiri merupakan semacam tools pencarian yang berlandaskan penggunaan lensa. Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi mengetik ketika hendak mencari sesuatu.

Biasanya, penggunaan Google Lens ini sering dioperasikan seseorang yang sedang traveling. Mereka akan menerjemahkan bahasa asing pada papan tanda jalan.

Hal itu sudah lumrah diketahui oleh oleh kebanyakan orang. Akan tetapi, fungsi mesin pencarian ini tidak hanya berpusat pada bidang penerjemahan saja.

Bagi sebagian orang, barangkali terdengar aneh bila tools tersebut digunakan untuk memecahkan soal matematika. Faktanya memang demikian, aplikasi ini cukup handal memberikan jawaban hitung-hitungan.

Cara kerjanya cukup mirip dengan menerjemahkan kata. Pengguna harus menyorot soal dengan kamera perangkat, yang mana sudah terinstall aplikasi Google.

Setelah itu, perangkat yang sudah menerima data akan memprosesnya secara otomatis. Tanpa butuh waktu lama, jawaban pun bisa didapati dengan jelas.

Untuk penjelasan yang lebih detail, berikut cara mengoperasikan Google Lens agar bisa menjawab soal matematika:

  1. Download aplikasi Google Lens di Play Store bagi pengguna Android. Sedangkan pada Apps Store, bila anda memiliki perangkat jenis iOS.
  2. Registrasi terlebih dahulu menggunakan akun Gmail yang telah dimiliki oleh pengguna.
  3. Setelah itu, bukalah aplikasi dan login ketika sudah mempunyai akun Google..
  4. Bukalah layanan Google Lense, ikonnya mudah ditemukan dengan lambang sebuah kamera.
  5. Arahkan kamera pada objek yang hendak disorot. Pastikan lensa yang menyorot soal matematika tidak buram, bila sedikit kotor bersihkan terlebih dahulu.
  6. Setelah yakin lensa cukup bersih, klik tombol pengambilan gambar agar objek bisa dipotret.
  7. Secara otomatis, mesin Google akan men-scanning dan menampilkan jawaban yang dicari.

Adapun hal yang perlu diketahui, aplikasi tersebut hanya bisa dapat menjawab soal matematika dalam bentuk formula saja.

Maksudnya, bila soal yang dipotret berupa narasi cerita. Cara tersebut tidak berlaku, lantaran Google tidak memiliki kemampuan tersebut.

Sebagai contoh soal yang dapat dikerjakan berupa Aljabar, persamaan, operasi perhitungan, dan lainnya yang tidak mengandung unsur cerita.

Selain itu, bila ternyata jawaban yang didapat kurang bisa dipahami. Pengguna bisa mencari penyelesaian soal lain, caranya hanya perlu mengklik tulisan 'Cari Lebih Lanjut'.

Seyogyanya, bila hendak mencari jawaban soal matematika dengan aplikasi ini. Pastikan Anda memahami rumus dasar pelajaran tersebut, sehingga dapat paham dengan mudah.

Demikianlah cara mencari jawaban soal matematika dengan Google Lens. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment