Panduan Cara Cek Aplikasi Penyebab Baterai Android Boros: Lengkap dengan 2 Trik Agar Baterai Tetap Hemat

2024-09-21 14:35:14
Ilustrasi

POBOLINGGO, insidepontianak.com - Dengan mengetahui cara cek aplikasi penyebab baterai Android boros, pengguna dapat menanggulangi penyebab utama tenaga ponsel cepat ngedrop saat digunakan.

Selain membahas tentang cara cek aplikasi penyebab baterai Android boros, artikel ini juga dilengkapi dengan 2 trik agar baterai ponsel tetap bisa bertahan cukup lama.

Dengan gabungan antara cara cek aplikasi penyebab baterai Android boros, serta 2 trik agar baterai ponsel tetap hemat. Diharapkan pengguna smartphone dapat mengantisipasinya sebelum terjadi kendala lebih jauh.

Bagi beberapa pengguna, penggunaan aplikasi yang tidak diketahui terkait informasi lengkapnya dapat menyebabkan keawetan baterai menurun.

Ada beberapa faktor yang melatar belakanginya, salah satunya lantaran aplikasi yang terinstall mengandung malware (virus). Atau, lantaran keeroran yang terjadi saat digunakan.

Umumnya, kondisi error aplikasi pada sebuah smartphone ini lah penyebab utamanya. Smartphone akan mengalami bug, sehingga pengurasan daya baterai lebih banyak.

Bila hal tersebut tidak segera diketahui, serta tidak diikuti dengan cara perawatan yang benar. Baterai di dalam ponsel tidak akan berusia lama, bisa dipastikan pula smartphone akan cepat drop saat dimainkan.

Agar hal tersebut bisa ditangani secepat mungkin, berikut panduan mengenai cara cek aplikasi penyebab baterai Android boros:

  1. Buka pengaturan ponsel, atau 'Setting/Setelan'.
  2. Pilih menu 'Baterai'.
  3. Pengguna akan dilampirkan laman daftar aplikasi, lengkap dengan satuan ukuran konsumsi baterai yang dikuras.
  4. Pilih salah satu aplikasi, agar dapat mengetahui informasi lebih lengkap.
  5. Setelah itu, ragam jenis satuan waktu per menit/jam akan ditampilkan.
  6. Pengguna juga dapat melakukan filter, sehingga aplikasi yang dikehendaki tidak lagi memakan energi lebih banyak.
  7. Bila sesudah difilter, aplikasi tetap mengkonsumsi daya banyak. Pengguna kemudian diberikan pilihan untuk meng-uninstall atau membiarkan.

Dengan langkah-langkah tersebut, pemilik smartphone dapat memantau satuan aplikasi yang kerap membuat daya baterai cepat habis.

Akan tetapi, bagaimana dengan cara menghindari konsumsi aplikasi dari baterai Android? Agar dapat solusinya, berikut penjabarannya.

Cara Menghindari Aplikasi yang Menguras Daya Baterai.

Sebelumnya sempat disinggung di atas, aplikasi yang bisa dipastikan awet bila didalamnya tidak mengandung malware. Selain itu, terdapat cara lain agar platform tertentu tidak memakan daya cukup banyak saat dimainkan.

  1. Rajin Update Aplikasi.

Di antara faktor lain yang menyebabkan aplikasi dapat menguras daya cukup cepat, yakni lantaran aplikasi tidak mendapat update ke versi terbaru.

Bila dalam satu tahun aplikasi tertentu tidak mendapat pembaruan. Bisa dipastikan, platform tersebut akan mengalami masalah dan pastinya dapat menguras daya baterai.

Oleh sebab itu, rajin-rajinlah melakukan pembaruan. Minimal, dalam 3 bulan sekali, aplikasi sudah diupdate.

  1. Hapus Aplikasi dari Background.

Latar belakang yang sering dipenuhi aplikasi ternyata dapat membuat baterai ponsel bekerja keras. Sehingga,, lambat laun dayanya akan terkuras lebih cepat dibanding waktu normal.

Agar hal demikian tidak terulang. Pastikan aplikasi yang dirasa tidak penting, atau sudah dipakai segera dihapus dari latar belakang ponsel (background).

Demikianlah uraian singkat mengenai cara cek aplikasi penyebab baterai Android boros, serta ulasan 2 trik agar baterai ponsel tetap hemat dan awet. Semoga bermanfaat! (Dzikrullah) ***

Leave a comment